Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Taman Parkir Balekambang Ditarget Juni Bisa Digarap

01 Mei 2019, 11: 05: 59 WIB | editor : Perdana

PERBAIKAN INFRASTRUKTUR: Beberapa wisatawan tengah asik menggunakan wahana wisata di Taman Balekambang.

PERBAIKAN INFRASTRUKTUR: Beberapa wisatawan tengah asik menggunakan wahana wisata di Taman Balekambang. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Rencana pembangunan taman parkir baru di komplek Taman Balekambang Surakarta siap direalisasikan. Meski sempat gagal dalam lelang pertama, pemkot optimistis pembangunan dapat dimulai pada pertengahan tahun 2019 ini. 

Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata, Dinas Pariwisata Surakarta, Suwoto mengatakan bahwa pembangunan taman parkir akan segera digarap dan ditargetkan selesaikan tahun ini juga.

”April ini sebenarnya sudah naik lelang, tapi gagal. Makanya Mei ini lelangnya diulang lagi. Inginnya Mei sudah dapat pemenang lelangnya dan Juni bisa digarap," jelasnya pada Jawa Pos Radar Solo di kantor dinas setempat, kemarin (30/4).

Pembangunan proyek ini akan menggunakan lahan milik provinsi yang telah dihibahkan ke pemerintah Kota Solo. Pemilihan lokasi itu lantaran lokasi tersebut kerap dimanfaatkan menjadi lahan parkir alternatif di momen tertentu.

 Alasan inilah yang membuat pemkot berupaya merubah lahan itu jadi taman parkir terbuka. Konsepnya nanti ada lahan parkir roda dua dan roda empat, lengkap dengan musala dan pusat kuliner. Bahkan disiapkan untuk bisa menampung bus rombongan wisata. 

”Tapi untuk tahun ini baru pembuatan untuk lahan parkir roda duanya dan toilet di sekitarnya, sambil meneruskan landscape dari open stage juga," ucap dia.

Pembangunan bertahap itu dilakukan lantaran keterbatasan anggaran. Awalnya, konsep penataan taman parkir dan segala fasilitas di dalamnya ditaksir menghabiskna dana Rp 9 miliar. Lantaran tahun ini baru dapat Rp 4 miliar, maka penyelesaiannya akan dilakukan bertahap. 

”Aksesbilitasnya akan dibuat agar setiap kendaraan bisa keluar masuk lewat dua pintu. Konsepnya memang leter U, jadi bisa memutar dan langsung tembus di pintu utara Balekambang dan bisa langsung diarahkan ke lahan parkir," jelas Suwoto. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta, Hasta Gunawan optimis jika pengerjaannya bisa dimulai Juni ini. ”Dengan masa target pengerjaan 5 bulan hingga Oktober, dan selambat-lambatnya selesai pada pertengahan Oktober nanti,” ucap Hasta. (ves/nik)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia