Kamis, 23 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

BI Siapkan Uang Lebaran Rp 5,4 Triliun

01 Mei 2019, 12: 20: 59 WIB | editor : Perdana

BI Siapkan Uang Lebaran Rp 5,4 Triliun

SOLO – Bank Indonesia (BI) sudah mempersiapkan kebutuhan uang menyambut bulan puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. BI memprediksi, kebutuhan uang 2019 ini lebih tinggi 3,35 persen dari tahun lalu. Disediakan uang baru sebanyak Rp 5,4 triliun.

Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi (SPPURLA) Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo Bakti Artanta mengaku jumlah tersebut meningkat dibandingkan kebutuhan 2018. Tahun lalu menyediakan Rp 5 triliun dengan realisasi Rp 5,233 triliun. Penukaran uang dibuka 13-29 Mei di 150 titik.

”Maksimal penukaran uang Rp 4,4 juta per orang. Memudahkan dan mempercepat penukaran, melibatkan 98 bank umum, 30 BPR, 8 BPRS, 10 Pegadaian, dan 1 kantor pos. Tahun lalu kami hanya menyediakan 111 titik tanpa kantor pos,” jelas Bakti kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (30/4).

Titik-titik penukaran tersebut tersebar merata seeks Karesidenan Surakarta. Sebanyak 74 titik ada di Kota Solo, 14 titik di Boyolali, 16 titik di Klaten, 15 titik di Sukoharjo, 11 titik di Karanganyar, 10 titik di Wonogiri, dan 10 titik di Sragen. BI juga masih melayani penukaran keliling di Terminal Tirtonadi, Bandara Adi Soemarmo, Stasiun Solo Balapan, dan Stasiun Purwosari.

Terakhir, penukaran bersama di Benteng Vastenburg Solo. Digelar selama tiga hari, 27-29 Mei. Selama penukaran bersama ini, penukaran di bank umum, BPR, dan lainnya tidak dilayani. Sistem penukaran, tak hanya screening e-KTP saja. Namun juga mencelupkan jari ke tinta. Upaya ini untuk mencegah penukaran ganda.

Terpisah, BI dan bank umum juga akan membuka pengisian top up kartu e-toll. Di rest area KM 519 A dan B Tol Trans Jawa segmen Solo-Kertosono. Karena diprediksi akan banyak pemudik yang menggunakan jalur tol. Vice President Bank Mandiri Tbk Area Surakarta Ony Suryono Widodo mengaku pihaknya menjamin ketersediaan uang di ATM. Serta pelayanan penukaran uang baru.

”Selain di kantor cabang yang ditunjuk juga di Benteng Vastenburg. Kami siap memenuhi kebutuhan uang yang cukup bagi masyarakat. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Bank Indonesia terkait persiapan tersebut,” bebernya. (gis/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia