Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Rekap Tingkat Kabupaten Butuh 17 Jam

01 Mei 2019, 13: 45: 59 WIB | editor : Perdana

Rekap Tingkat Kabupaten Butuh 17 Jam

USAI penghitungan suara pemilu di tingkat panitia pemilihan kecataman (PPK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar menggelar rapat pleno hitung kembali hasil pemungutan perolehan suara, kemarin (30/4). 

Pleno digelar di ruang sidang paripurna DPRD Kabupaten Karanganyar. Disaksikan saksi masing-masing parpol dan pendukung, pasangan presiden-wakil presiden. Dan dikawal ratusan petugas keamanan TNI dan Polri.

Komisioner KPU Karanganyar Devisi Teknis, Muhhamad Maksum mengaatkan, rekapitulasi digelar Selasa (30/4) sampai Rabu (1/5) hari ini. Sampai pukul 12.30 WIB, rekapitulasi baru menyelesaikan dua kecamatan.

”Kalau dihitung dari estimasi waktu tadi, kita butuh satu jam lebih untuk menyelesaikan hasil rekapitulasi dari kecamatan. Maka dalam pleno kabupaten ini, kita butuh sekitar 17 jam. Itu kalau pelaksanaannya lancar,” terang Maksum. 

Dijelaskan, mekanisme pleno meliputi rekapitulasi semua hasil dari pleno kecamatan. Dengan cara membacakan rekapitulasi baik perolehan suara pilpres, pileg DPR RI, pileg DPRD provinsi, pileg DPRD kabupaten, hingga pileg DPD.

”Hingga sore belum diketahui siapa yang menang di tingkat kabupaten. Kalau di sistem infromasi penghitungan suara (Situng), itu hanya sebatas infromasi awal saja kepada publik. Capaian dari proses penghitungan suara yang dilakukan oleh KPU," ucapnya. 

Data situng, lanjut Maksum, belum bisa dijadikan dasar penetapan pemenang pemilu. ”Jadi harus benar-benar selesai. Baru bisa terlihat pemenangnya,” imbuhnya.

Bupati Karanganyar Juliyatmono berpesan agar masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi pileg terpilih.

”Informasi itu kan hanya prediksi. Maka saya mengimbau mayarakat tidak memasang spanduk hasil prediksi tersebut," tegas Bupati. (rud/adi)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia