Rabu, 24 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Diresmikan Jokowi,Bendungan Gondang Airi Sawah di Karanganyar & Sragen

02 Mei 2019, 22: 06: 49 WIB | editor : Perdana

Presiden Jokowi saat memantau Bendungan Waduk Gondang dari dekat

Presiden Jokowi saat memantau Bendungan Waduk Gondang dari dekat

Share this      

KARANGANYAR - Setelah hampir 5 tahun dibangun, Bendungan atau Waduk Gondang yang berada di antara Kecamatan Kerjo dan Ngargoyoso akhirnya rampung. Peresmian yang dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini (2/5) sekaligus menjadi tanda dimulainya operasional bendungan itu.

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Solo, kedatangan Jokowi ke lokasi didampingi istrinya Iriana Jokowi serta sejumlah pejabat dari kementerian. Di antaranya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen beserta istri.

Kemudian, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan pasangan Bupati-Wakil Bupati Karanganyar Juliyatmono-Rober Christanto. Serta jajaran dari Forkompimda dan beberapa kepala dinas. 

Bupati Juliyatmono saat membuka acara peresmian mengucapkan terima kasih atas dibangunnya bendungan dengan dana dari APBN sebesar Rp 762,44 miliar itu. Saat ini pemerintah juga sudah melakukan perencanaan dan persiapan pelaksanaan Waduk Jlantah di Kecamatan Jatiyoso. 

”Karanganyar juga akan mempunyai bendungan lagi di wilayah Tlobo, Jatiyoso. Air bendungan 100 persen alirannya akan dinikmati masyarakat Karanganyar,” terang Juliyatmono. 

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengungkapkan, pembangunan Bendungan Gondang dan sebentar lagi menyusul Waduk Jlantah merupakan hadiah dari pemerintah pusat. Bendungan Gondang dengan kapasitas air 9,15 juta meter kubik itu bakal mengairi area pertanian total seluas 4.680 hektare (ha) di Karanganyar dan Sragen.

Selain itu, bendungan juga akan memasok kebutuhan air baku dengan kapasitas 100 liter per detik dan memproduksi listrik sebesar 0,33 MW.

”Saya melihat ke depan, ini (bendungan, Red) sangat bagus juga untuk tempat wisata. Sehingga nantinya memberi dampak ekonomi kepada masyarakat yang ada di sekitar bendungan,” ucap Jokowi. 

Selanjutnya, Jokowi bersama menteri PUPR dan beberapa pejabat pemerintah lain dan pengembang turun menggunakan mobil untuk mengecek langsung dasaran waduk. Mereka melihat bendungan dari bawah sebelum proses penggenangan. (rud/ria)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia