Rabu, 13 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Rekapitulasi di Klaten Rampung,Penetapan Kursi DPRD Maksimal 1,5 Bulan

03 Mei 2019, 20: 02: 28 WIB | editor : Perdana

Komisioner KPU Klaten Divisi Teknis Penyelenggaraan Samsul Huda  memperlihatkan hasil rekapitulasi perhitungan perolehan suara

Komisioner KPU Klaten Divisi Teknis Penyelenggaraan Samsul Huda memperlihatkan hasil rekapitulasi perhitungan perolehan suara

Share this      

KLATEN - Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara di Klaten telah selesai. Tetapi, komisi pemilihan umum (KPU) Klaten belum melakukan penetapan perolehan kursi untuk masing-masing partai politik (parpol).

”Untuk kepastiannya, kita tunggu yang nasional terlebih dahulu. Apalagi jika ada yang tidak puas masih mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi diberi waktu tiga hari setelah penetapan. Bisa jadi prosesnya masih panjang,” jelas Ketua KPU Klaten Kartika Sari Handayani Jumat (3/5).

Hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara sudah dapat dilihat di papan informasi di kantor KPU Klaten. Komisioner KPU Klaten Divisi Teknis Penyelenggaraan Samsul Huda menjelaskan, penetapan perolehan kursi setiap partai di tingkat kabupaten ditentukan oleh KPU Klaten sendiri. Termasuk caleg siapa saja yang nantinya duduk sebagai anggota dewan di DPRD Klaten.

“Kalau paling cepat ya setelah 22 Mei, usai penetapan dari KPU. Tetapi jika ada gugatan yang masuk ke MK, ya harus ditunggu sampai selesai prosesnya. Ya setidaknya harus menunggu sekitar 23 hari dari sejak penetapan itu hingga akhirnya keluar dari keputusan sengketa,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPC PDI Perjuangan Klaten Sutarjo mengatakan, meski rapat pleno terbuka terkait penetapan perolehan kursi belum digelar, tetapi ia yakin partainya mendapat 19 kursi dari 50 kursi yang diperebutkan. Jumlah ini mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan periode sebelumnya yakni 17 kursi. (ren/ria)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia