Selasa, 10 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Menara Masjid Agung Digelontor Rp 1 Miliar

06 Mei 2019, 14: 37: 16 WIB | editor : Perdana

BELUM SELESAI: Kondisi terbaru menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten yang memiliki gardu pandang dengan ketinggian 35 meter, kemarin (5/5).

BELUM SELESAI: Kondisi terbaru menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten yang memiliki gardu pandang dengan ketinggian 35 meter, kemarin (5/5). (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Gardu pandang di menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten belum dapat diakses warga. Masih ditutup untuk umum karena tahapan pembangunan belum rampung. Mengejar penyelesaian proyek, tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) KLaten kembali menggelontorkan anggaran Rp 1 Miliar.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperwaskim) Klaten Juwito mengungkapkan, proyek menara masuk tahapan finishing interior. Sebelumnya kondisi menara baru sebatas pengerjaan struktur bangunan.

”Jadi anggaran tahun ini sekitar Rp 870 juta untuk pemasangan plafon. Termasuk penyempurnaan pada bagian dinding, tangga manual, lampu, dan pembenahan pada lift,” jelas Juwito kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (5/5).

Anggaran dari APBD 2019 ini juga menyasar pemasangan keramik. Diperwaskim memastikan pengerjaan finishing akan dilakukan mulai lantai dasar hingga atas. Kecuali basement yang belum akan di-finishing tahun ini. Total anggaran Rp 1 miliar karena melibatkan konsultan dalam perencanaannya. Ditargetkan Juni atau Juli, sudah bisa dimulai pengerjaan finishing.

”Saya harapkan anggaran APBD murni serta dalam perubahan nanti bisa mencukupi. Ketika selesai finishing, menara masjid dapat diakses. Warga bisa naik menuju ke gardu pandang dengan lift berkapasitas 20 orang,” jelasnya.

Bupati Klaten Sri Mulyani menambahkan, saat Lebaran nanti menara masjid belum dapat diakses warga. ”Menaranya sendiri memang sudah menunjukan progres, meskipun belum dapat dimasuki. Kali ini kami menggelontorkan sekitar Rp 1 miliar. Karena masih ada beberapa bagian yang harus diselesaikan. Kalau nanti sudah jadi, saya pastikan menara masjid ini dibuka untuk umum,” ucapnya.

Sri Mulyani memprediksi Masjid Agung Al Aqsha Klaten bakal ramai dikunjungi wisatawan selama Ramadan. ”Rencananya akan kami bangun toilet yang letaknya berbatasan dengan dinding SPBU. Memfasilitasi masyarakat dan wisatawan agar terlayani dengan baik dan nyaman,” ujarnya. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia