Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Tren Busana Muslim Berbahan Serat Rayon Viskosa

07 Mei 2019, 20: 36: 03 WIB | editor : Perdana

SUSTAINABLE: Tren busana muslim berbahan serat rayon viskosa. 

SUSTAINABLE: Tren busana muslim berbahan serat rayon viskosa. 

Share this      

INDUSTRI fashion terus berkembang. Utamanya busana muslim. Terbukti, Indonesia memegang peranan penting dalam perkembangan fashion muslim global. Tantangan untuk terus berinovasi digalakkan. Diprediksi Indonesia bisa menjadi salah satu pusat produsen busana muslim dan modest wear terbaik di 2020 mendatang.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meresmikan Fashion Muslim Festival 2019 (MUFFEST) menyebut Indonesia menduduki rangking 2 di dunia setelah UEA. Dalam memproduksi busana muslim. MUFFEST merupakan contoh langkah konkret memajukan industri fashion muslim Indonesia. Serta mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia.

MUFFEST telah menjadi perhatian dan partner pemerintah dalam mencapai cita-cita bersama tersebut. Di tahun ke-3, MUFFEST dibuka Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Rabu (1/5). ”Kegiatan ini tentunya akan mendatangkan buyer potensial. Kemudian terjadi business to business. Apalagi adanya perancang busana muda terkait pengembangan SDM dalam memacu sektor industri fashion,” ungkap Airlangga.

National Chairman Indonesian Fashion Chamber Ali Charisma menjelaskan, tahun ini MUFFEST 2019 lebih menampilkan desain-desain busana ready to wear. Syari yang mengacu pada Indonesia Trend Forecasting 2019/2020 bertema Singularity. ”MUFFEST 2019 mau menekankan ready to wear dan yang syari. Tapi sedikit nanti mengarah ke sana karena pasarnya besar bisa masuk ke dalam dan luar ngeri,” ujar Ali.

Salah satu peserta MUFFEST 2019 adalah Asia Pasific Rayon (APR). Produsen viscose rayon terintegrasi pertama di Asia. Proses produksinya dari perkebunan hingga produk serat viscose. Pabrik APR berkapasitas 240.000 ton, terletak di Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Provinsi Riau.

APR memproduksi viscose rayon alami dan mudah terurai (biodegradable). Dapat digunakan untuk produk tekstil dan perawatan diri. Berkomitmen pada sumber bahan baku yang berkelanjutan dan pabrik yang efisien. Produk APR memenuhi kebutuhan pelanggan, sekaligus memerhatikan kehidupan masyarakat di sekitar area operasinya.

”Kami mendukung aspirasi Indonesia untuk mengembangkan industri tekstil secara strategis dan dapat bersaing secara global. Kami lihat ini sebagai awal baru untuk industri tekstil. Salah satu tujuan utama kami mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Mendukung industri tekstil berinovasi serta memberikan multiplier effect, termasuk pengembangan UMKM,” ujar Direktur APR Basrie Kamba.

Pada gelaran MUFFEST 2019, APR berkolaborasi dengan delapan perancang busana yang tergabung dalam IFC. Menampilkan exclusive fashion show tren busana muslim terkini. Dengan tema “Futural” Future is Naturally Sustainable Fiber. Peragaan busana menampilkan prediksi tren fashion dunia di masa depan. Mengutamakan bahan baku dari produksi yang berkelanjutan (sustainable) alami. Sehingga baik bagi alam dan masa depan. (adv/fer)

(rs/fer/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia