Jumat, 18 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Jateng

Warga Kedungboto Serbu Layanan Kesehatan dan Sembako Gratis

08 Mei 2019, 21: 38: 44 WIB | editor : Perdana

Warga Kedungboto Serbu Layanan Kesehatan dan Sembako Gratis

KENDAL – Dwi Sarafinah, 19, warga Dukuh Ketro, Desa Kedungboto, Kecamatan Limbangan tampak senang mengetahui janin dalam kandungannya sehat. Apalagi, melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG), dia melihat bayangan kepala, badan, tangan, dan kaki anak pertamanya.

Awalnya, istri Abdul Azis, 23, itu sempat deg-degan saat hendak USG. Maklum saja, hampir tujuh bulan mengandung, belum sekali pun dia menjalani pemeriksaan itu. Sebab, bidan di desanya tidak melayani USG. 

Beruntung, saat Bakti Sosial Ramadan Kareem di Balai Desa Kedungboto pada Rabu (8/5), ada layanan spesialis obsgyn, salah satunya pemeriksaan USG. Bakti Sosial itu diselenggarakan Tim Penggerak (TP) PKK Jatengr bekerja sama dengan RSUD Tugurejo, Dinas Koperasi dan UKM Jateng, Dinas Ketahanan Pangan Jateng, dan Bulog Divre Jateng.

“Pertamanya deg-degan karena belum pernah di-USG. Bersyukur ini ada pemeriksaan USG,” ungkap Dwi.

Hal senada disampaikan Istiqomah, 28, warga Dukuh Semanding, Desa Kedungboto. Meski layanan USG tak asing lagi baginya, tapi dia yang tengah mengandung anak kedua itu bersyukur ada layanan gratis pemeriksaan USG. Sebab, untuk mendapatkan pemeriksaan itu, dia mesti menempuh perjalanan cukup jauh hingga Ngaliyan, Semarang.

“Terima kasih, saya tidak perlu periksa jauh-jauh di Ngaliyan. Apalagi, di sini gratis, biasanya kalau USG bayar Rp 120 ribu,” katanya.

Kebahagiaan yang sama juga dirasakan Ngasrohati, 56. Ia bahkan meneteskan air mata mengingat tak hanya menerima bantuan sembako gratis, tapi juga mendapat hadiah uang Rp 500 ribu dari Ketua TP PKK Jateng Atikoh Ganjar Pranowo. Sebab, dia berhasil menebak pertanyaan yang diberikan.

Lurah Kedungboto Turkamun mengapresiasi kegiatan yang dilakukan TP PKK Jateng bekerja sama dengan beberapa instansi tersebut. Sebab, dapat membantu masyarakat di desanya yang sebagian besar masih kekurangan.

”Apalagi, lokasi desa kami jauh. Dari kecamatan 7 kilometer dan dari pusat kabupaten 30 kilometer,” terang Turkamun.

Ketua TP PKK Jateng Atikoh Ganjar Pranowo menyampaikan, selama Ramadan, TP PKK fokus pada kegiatan yang bersifat kesalehan sosial. Baik bakti sosial maupun kegiatan lain yang bermanfaat untuk masyarakat. Seperti yang dilakukan di Desa Kedungboto.

Sejumlah kegiatan digelar, mulai pengobatan gratis, baik layanan dokter umum, spesialis anak, gizi, kulit dan kelamin, obsgyn, serta penyakit dalam. Selain itu, ada pula pembagian lebih dari 1.000 paket sembako maupun beras gratis, penjualan sembako murah, pemberian timbangan bayi, serta penjualan pakaian pantas pakai dengan harga mulai Rp1.000 sampai Rp10 ribu per pak.

“Saya jadi terharu, karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan uluran tangan melalui kegiatan maupun bantuan lain. Harapannya ini bisa menggugah kesalehan masyarakat lain, semua bekerja sama, bergotong royong, mengulurkan tangan kepada masyarakat yang membutuhkan,” tandas Atikoh didampingi Ketua Panitia Retno Sudewi. (bay/ria)

(rs/bay/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia