Minggu, 21 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Ngurus IMB Tak Lagi Ribet 

09 Mei 2019, 11: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Ngurus IMB Tak Lagi Ribet 

SOLO - Pemkot Surakarta menyederhanakan proses penerbitan izin mendirikan bangunan (IMB) rumah tinggal sederhana melalui sistem one stop service. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan serta memutus rantai demokrasi.

Sebelumnya, warga yang mengajukan permohonan IMB harus memasukkan berkas ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Surakarta sebelum memasukkan berkas lain ke dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR) sebagai OPD teknis. Kini pemohon cukup memasukkan berkas ke DPMPTSP, tanpa perlu mendatangi instansi terkait lain.

“Ini sesuai Perwali Nomor 02 Tahun 2019 tentang Pendelegasian Wewenang Perizinan dan Nonperizinan yang Menjadi Urusan Pemerintah Daerah kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta. IMB contoh izin yang prosedurnya disederhanakan dengan perwali tersebut,” ungkap Kepala DPMPTSP, Toto Amanto, Rabu (8/5).

Selain IMB, pemkot juga mematangkan penyederhanaan prosedur penerbitan izin reklame. Sebelumnya pemohon harus berhubungan dengan tiga OPD, yakni DPMPTSP saat memasukkan berkas, Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) untuk pengurusan pajak, serta DPUPR untuk izin pemakaian titik reklame. “Pajaknya urusan BPPKAD, izinnya jadi urusan kami,” terangnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Sosial Budaya (Parsosbud) DPMPTSP Sri Lestari menambahkan, hingga kini sejumlah OPD terus mengkaji berbagai perizinan untuk diintegrasikan dalam layanan satu pintu tersebut.”Perwali itu juga akan dievaluasi berkala, sehingga nantinya proses perizinan yang perlu ditangani DPMPTSP bisa maksimal. Bukan tidak mungkin jumlah izin yang kami tangani sendiri itu bisa bertambah,” katanya. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia