Selasa, 18 Jun 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Bawaslu Catat Kejadian Khusus

09 Mei 2019, 18: 10: 59 WIB | editor : Perdana

TRANSPARAN: Pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Wonogiri.

TRANSPARAN: Pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Wonogiri. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Wonogiri mencatat sejumlah kejadian khusus selama rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten 2-6 Mei.

Komisioner Bawaslu Wonogiri Joko Kiswanto mengatakan, di Kecamatan Pracimantoro terjadi selisih jumlah pengguna hak pilih, jumlah surat suara yang diterima, dengan jumlah perolehan suara sah dan tidak sah dalam Form DB.1 untuk pemilihan DPR RI, DPRD Provinsi Jateng dan DPRD Wonogiri.

Sehingga, pleno Kecamatan Pracimantoro pada hari pertama terpaksa ditunda, sampai hari terakhir. "Kami berikan rekomendasi kepada KPU Wonogiri untuk membetulkan kekeliruan sesuai ketentuan dalam PKPU Nomor 4/ 2019 dengan melakukan kroscek data dalam CI, DAA.1 dan DA.1," urainya, Rabu (8/5).

Sorotan lainnya yakni di Kecamatan Manyaran yang terjadi salah input data pada jumlah data pemilih DPTb dan DPK, jumlah pengguna hak pilih DPTb dan DPK, serta Penggunaan surat suara di Desa Pagutan.

Meski begitu, seluruh koreksi telah dilakukan perbaikan oleh KPU Wonogiri dalam  rapat pleno terbuka dengan mengacu ketentuan yang diatur di PKPU.4 Tahun 2019. Catatan ini akan menjadi pegangan Bawaslu Woiwannogiri saat pleno terbuka tingkat provinsi. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia