Jumat, 15 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Jalur Ganda Beres, Atur Ulang Jadwal KA

11 Mei 2019, 09: 10: 59 WIB | editor : Perdana

JAWAB KEBUTUHAN PENUMPANG: Pekerja selesaikan jalur ganda KA di Margorejo, Gilingan, Banjarsari.

JAWAB KEBUTUHAN PENUMPANG: Pekerja selesaikan jalur ganda KA di Margorejo, Gilingan, Banjarsari. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Double track alias jalur ganda yang dibangun di wilayah daerah operasi (Daop) 6 Jogjakarta hampir seluruhnya sudah beroperasi. Sebab itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) segera menjadwal ulang perjalanan KA. Termasuk Prameks.

Kepala Daop VI Jogjakarta Eko Purwanto mengatakan, dengan beroperasinya jalur ganda KA, maka frekuensi perjalanan KA bisa bertambah sering. Otomatis diperlukan penjadwalan ulang. Kegiatan tersebut direncanakan Oktober mendatang. 

“Jalur ganda sudah dimanfaatkan KA Wijayakusuma dan Joglosemarkerto yang merupakan kereta non-PSO (public service obligation,Red). Wijayakusuma dengan track Cilacap–Banyuwangi dan Joglosemarkerto track Purwokerto-Solo Balapan,” ungkap Eko kemarin (10/5).

Ditambahkan Eko, double track juga dapat mengurangi kepadatan penumpang di Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Purwosari Solo. “Untuk memaksimalkan kenyamanan masyarakat, jalur Prameks juga akan diperpanjang hingga Palur. Akan ada penambahan trainset Prameks untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” jelasnya.

Dia optimistis, jalur KA Prameks dari Jebres hingga Palur dapat rampung tahun ini. PT KAI juga mengebut listrik aliran atas (LAA) untuk kereta rel listrik (KRL) dari Jogjakarta hingga Klaten. (gis/wa)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia