Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Tangkap Ikan Semarakkan Syawalan Jurug

12 Mei 2019, 09: 30: 59 WIB | editor : Perdana

SERBAADA: TSTJ siap menyemarakkan Lebaran dengan beragam event menarik. 

SERBAADA: TSTJ siap menyemarakkan Lebaran dengan beragam event menarik. 

Share this      

SOLO – Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) menyiapkan banyak kejutan untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Bertajuk Pekan Syawalan Jurug, taman rekreasi dan konservasi satwa ini akan membuka wahana kolam keceh.

Direktur TSTJ Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso mengatakan, pekan syawalan dimulai pada 5-9 Juni. Wahana baru Kolam Keceh rencananya mulai beroperasi pada 31 Mei. Keberadaan kolam keceh tersebut menjadi pembeda dari pekan syawalan sebelumnya.

“Kolam keceh adalah program kerja sama dengan UTP (Universitas Tunas Pembangunan). Wahana tersebut akan dibuka untuk seterusnya dalam rangka menarik wisatawan,” katanya, Sabtu (11/5).

Bimo menambahkan, selain kolam keceh, akan ada event tangkap ikan yang dapat diikuti oleh seluruh pengunjung TSTJ. Sebagai puncak acara, kirab dan pementasan Joko Tingkir masih dilaksanakan seperti tahun sebelumnya.

Pihaknya akan menyiapkan satu sosok untuk memerankan tokoh Joko Tingkir. Biasanya, Joko Tingkir diambil dari kerabat keraton Kasunanan Surakarta atau tokoh budaya lain.

“Harapannya TSTJ dapat menjadi wahana rekreasi pilihan keluarga untuk menyambut Lebaran nanti,” ucapnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, manajemen gencar melakukan promosi hingga di luar eks Karesidenan Surakarta. Hasilnya, dari tahun ke tahun tingkat kunjungan di TSTJ selalu melampaui target yang dipatok pemkot setiap tahunnya.

Sebagai informasi, laba TSTJ terus meroket dalam lima tahun terakhir. Pada 2015 laba bersih TSTJ hanya mencapai Rp 223 juta. Angka itu membaik di 2016 menjadi Rp 234 juta. Di 2017, TSTJ berhasil menorehkan sejarah dengan membukukan laba Rp 1,081 miliar. Menjadi yang tertinggi sejak kebun binatang itu berdiri 1967. Laba tersebut terus meningkat di 2018 mencapai Rp 1,487 miliar.

Sebelumnya Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo meminta manajemen TSTJ meningkatkan kesejahteraan satwa. Selain itu, dia juga ingin cita-cita revitalisasi TSTJ segera terwujud. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia