Selasa, 20 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Olahraga

Juara Umum Bukan Sebuah Beban

12 Mei 2019, 01: 34: 07 WIB | editor : Perdana

TETAP BANJIR KERINGAT: Doni Yulianto saat berlatih rutin di Stadion Sriwedari.

TETAP BANJIR KERINGAT: Doni Yulianto saat berlatih rutin di Stadion Sriwedari. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Atlet pelatnas National Paralympic Committee (NPC ) Indonesia yang dipersiapkan untuk terjun di ajang Asean Para Games (APG) 2020 di Filipina, sudah mulai menjalani pemusatan latihan di Kota Solo. Beberapa dari mereka sudah mulai tancap gas untuk bersiap di ajang multievent terbesar atlet disabilitas se-Asia Tenggara tersebut.

”Hampir semua cabor sudah mulai menjalani pelatnas. Target kita memang berat (juara umum), jadi harus dipersiapkan sebaik mungkin. Kalau saya tidak terbebani, malah jadi motivasi. Walaupun pastinya tetap berat, karena di tiap kejuaraan pasti ada atlet baru yang potensinya perlu kita waspadai,” terang salah satu atlet balap kursi roda Indonesia Doni Yulianto kepada Jawa Pos Radar Solo.

Indonesia jadi juara umum setelah mengoleksi 126 emas, 75 perak, dan 50 perunggu. Tuan rumah Malaysia menjadi runner up dengan koleksi 90 emas, 85 perak, 82 perunggu. Thailand menempati peringkat ketiga dengan raihan 68 emas, 72 perak, dan 92 perunggu. Di ajang APG Indonesia memang beberapa kali sukses menjadi juara umum. 

Pelatnas saat ini berbarengan dengan momen bulan puasa. Hal ini ternyata tak membuat program latihan terganggu.

 ”Intensitas latihannya memang tak terlalu digenjot, karena pada banyak yang puas. Saya sendiri mengatur dengan benar jadwal latihannya, agar tak terlalu merosot performa catatan waktunya karena terganjal puasa. Untungnya kompetisinya masih lama, jadi masih punya banyak waktu untuk menaikkan catatan waktunya,” tuturnya.

Dari sisi persaingan, Doni mengakui APG tahun ini sepertinya dikelasnya Thailand tetap yang palingberat untuk dilawan. ”Atlet mereka kelasnya sudah dunia, dan kursi rodanya juga cukup baik. Tapi saya tetap yakin bisa mengalahkan wakil mereka nantinya,” tuturnya. (nik

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia