Sabtu, 25 May 2019
radarsolo
icon featured
Features

Robiyanto, Bisnis Barbie Custom Berawal dari Koleksi Boneka Istri 

13 Mei 2019, 10: 26: 48 WIB | editor : Perdana

DIGEMARI: Boneka barbie kenakan hijab menyesuaikan tema nuansa Ramadan.

DIGEMARI: Boneka barbie kenakan hijab menyesuaikan tema nuansa Ramadan. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Koleksi boneka barbie bagi kaum hawa masih menjadi salah satu tren. Melihat peluang ini, Robiyanto pun mengangkat ini sebagai salah satu fokus bisnisnya. Seperti apa dia memulai usahanya?

SERAFICA GISCHA P, Solo

DITEMUI di rumahnya, Robiyanto sedang sibuk memberikan beberapa aksesori pada boneka barbienya. Berawal dari koleksi barbie yang dimiliki sang istri, membuat Robiyanto memilih membuka usaha barbie custom dan ternyata membawa hasil sangat positif baginya.

“Waktu itu istri suka membuat baju barbie untuk koleksi sendiri. Koleksinya lumayan banyak karena memang suka sama boneka barbie. Kemudian saya lihat-lihat kok sepertinya ada peluang bisnis di situ. Setelah searching dan melihat pasar saya kemudian membuat barbie custom,” jelas pria yang akrab disapa Robi ini kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin.

Untuk momen Ramadan dan Lebaran ini, Robi membuat barbie hijab, di mana baju-baju yang dibuatnya desainnya berupa gamis dan mukena. Permintaan boneka hijab di momen Ramadan dan Lebaran diakui Robi meningkat hingga 50 persen dibandingkan hari-hari biasanya. Yang membedakan barbie dia dengan lainnya, selain bisa custom model atau detail bajunya, Robi menggunakan barbie dengan manekin premium atau manekin dengan bahan yang bagus.

Untuk membuat pakaiannya, Robi menggunakan bahan kain tisu sebagai gaun untuk boneka barbie yang juga berfungsi sebagai tempat permen. Dan menggunakan bahan kain katun dan satin untuk membuat desain baju gamis dan mukena. Desain yang dibuatnya tak hanya baju dan gamis saja melainkan lengkap dengan hijabnya.

“Untuk kreasi hijab kebetulan istri menggunakan hijab, sehingga tukar ide dalam membuat itu. Untuk barbie hijab ini memang kebanyakan pesenan dari grup ada juga suplier. Karena kalau Ramadan dan Lebaran nuansa Islami lebih kental,” tuturnya.

Dalam sehari Robi bisa membuat 10 barbie custom. Satu Barbie pengerjaannya berbeda-beda, dengan detail yang rumit bisa 2 jam baru selesai. Dia memaksimalkan kostum yang dibuat serapi mungkin. Selain grup ternyata permintaan barbie custom juga banyak dari kolektor-kolektor boneka.

Bahkan dirinya dipercaya untuk membuat barbie dengan kostum Solo Batik Karnival.

Meski lingkup jualannya masih di daerah Jawa, Robi berharap bisa merambah ke luar Jawa bahkan pasar internasional. Diakui, masih banyak hal yang perlu dipelajarinya. Banyak ide-ide yang harus dituangkan agar terlihat berbeda. Baginya dalam pembuatan barbie custom selama ini tidak ada kendala, karena bahan dan pengerjaannya mudah. Hanya saja kendala datang dari ide.

“Biasanya kalau ide mentok atau lagi buntu maka rileks dulu sembari mencari isnpirasi melalui koleksi-koleksi yang sudah dibuat. Namun banyak juga yang memesan sudah dengan memberikan desainnya sendiri. Untuk harga mulai dari Rp 55-500 ribu per boneka,” pungkasnya.

Robi berharap dengan kreasi boneka ini semakin dilirik oleh pembeli nasional maupun internasional. Selain berjualan via online, Robi juga sering ikut pameran bahkan mebuat pameran sendiri. Pihaknya ingin mengajak anak muda di Kota Solo untuk mengembangkan potensi dalam diri dan lebih kreatif. (*/bun)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia