Senin, 18 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Kolaborasikan Taman Bermain dengan Fitness Center

14 Mei 2019, 09: 10: 59 WIB | editor : Perdana

TERUS BERBENAH: Kawasan Gelora Manahan yang bakal dilengkapi sejumlah fasilitas publik. 

TERUS BERBENAH: Kawasan Gelora Manahan yang bakal dilengkapi sejumlah fasilitas publik.  (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pemkot bakal melengkapi kawasan Gelanggang Olahraga (Gelora) Manahan dengan taman bermain anak. Rencananya taman tersebut dilengkapi fitness center di luar ruangan.

Taman bermain dibangun di sisi selatan velodrome. Saat ini, di lokasi tersebut sebagai hutan kota dan jogging track. Itu diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surakarta Joni Hari Sumantri usai paparan di hadapan Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, Senin (13/5). Joni menyampaikan proyek tersebut menghabiskan anggaran Rp 300 juta.

”Dibangun dengan CSR (corporate social responsibility) Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Jadi tidak hanya satu perusahaan saja, tapi gabungan dari corporate. Itu nanti bentuknya taman bermain anak, pembangunan sisi luar kolam, lalu juga pemasangan alat perlengkapan olahraga untuk fitnes, bangku-bangku untuk tempat duduk santai,” bebernya.

Fasilitas lain yang ada di taman tersebut adalah penambahan ruang publik dengan fasilitas kekinian. Tidak lupa pemkot akan menempatkan beberapa ikon sebagai tempat swafoto. Saat ini, pemkot telah menyiapkan lahan yang akan digunakan sebagai taman. Sementara pihak AAJI melakukan perencanaan pembangunan.

”Prinsipnya pemkot sudah mengizinkan. Tinggal penguatan estetika, keamanan dan lainnya. Jadi mereka(AAJI, Red) akan bangun sendiri. Rencananya 8 Agustus diresmikan,” katanya.

Terpisah, wali kota menekankan penggunaan bahan-bahan modern agar hasil pembangunan memenuhi unsur estetika. ”Misalnya pembangunan tempat duduk dari beton. Itu nggak nyaman, sudah nggak zaman beton itu. Harus ganti kursi. Yang penting bagus secara estetika, keamanan terjamin dan kenyamanan masyarakat menjadi pertimbangan utama,” katanya.

Nantinya, taman tersebut diproyeksikan sebagai taman ramah anak di pusat kota. Selain taman bermain, Rudy juga menyoroti perawatan kolam di dalam lingkup Gelora Manahan. Kondisi kolam selama ini tidak terawat. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia