Sabtu, 25 May 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

ITS PKU Muhammadiyah Peduli Demensia pada Lansia di Kadipiro

14 Mei 2019, 14: 49: 37 WIB | editor : Perdana

SOSIALISASI: Ida Untari berikan pendidikan kesehatan terkait demensia kepada warga Kadipiro, Banjarsari.

SOSIALISASI: Ida Untari berikan pendidikan kesehatan terkait demensia kepada warga Kadipiro, Banjarsari.

SOLO – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) PKU Muhammadiyah Surakarta saat ini sudah bertransformasi menjadi Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Surakarta. Bersama Kemenristek DIKTI, bekerja sama melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Berupa pelatihan kader bertemakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Posyandu Lansia Peduli Demensia di Kelurahan Kadipiro, Banjarsari, Solo, Rabu (1/5).

”Saya senang dengan program PKM ini. Membawa manfaat kepada warga kami, khususnya bagi warga lansia dan meminta tim untuk memberikan pelatihan pada kader di seluruh Posyandu Lansia di Kelurahan Kadipiro. Harapannya Lansia selalau sehat, mandiri, dan berproduksi,” kata Lurah Kadipiro Dalono dalam sambutannya.

Perwakilan Puskesmas Gambirsari Siti Soeharjani menambahkan, PKM ini memberikan edukasi yang sangat penting bagi lansia. ”Khususnya untuk penanganan terkait dengan kesehatan dan penyakit yang akan terjadi pada para lansia,” ujarnya. 

Kegiatan PKM ini diikuti Posyandu Lansia Amarta dari RW 27 dan Sari Waluyo RW 32. Terdiri dari kader aktif masing-masing posyandu dan keluarga yang mempunyai lansia di rumah. PKM meliputi kegiatan pelatihan dan praktik memasak. Untuk memenuhi kebutuhan gizi dan mencegah serta memperbaiki lansia yang mengalami kepikunan (demensia).

Ada pula pengenalan senam cegah pikun Up Brain’s Game untuk menurunkan kepikunan. Serta pendampingan penerapan senam cegah pikun pada pelaksanaan posyandu dan penyediaan menu makanan yang tinggi gizi untuk cegah demensia.

”Agar tidak lupa, setelah pelatihan, semua peserta diberikan buku pegangan kader peduli demensia. Serta menu makanan cegah demensia yang harus dipraktekan di lingkungan masing-masing,” papar Ketua Tim Pengabdi sekaligus Ketua LPPM STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta Ida Untari.

Kegiatan ini dilaksanakan Tim Pengabdi asal ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Terdiri dari dosen dengan lintas disiplin ilmu. Meliputi ilmu kesehatan masyarakat, ilmu gizi, dan ilmu keperawatan. Sekaligus melibatkan mahasiswa dan alumni.

Tujuan PKM, kader atau keluarga dapat melakukan penilaian fungsi daya ingat pada lansia menggunakan skrining sederhana dari buku Kartu Menuju Sehat (KMS). Mengajarkan aktivitas berupa senam cegah pikun dan pemenuhan gizi mencegah demensia.

Selain itu, demensia kepikunan akan mengakibatkan gangguan aktifitas sehari-hari dan ujung-ujungnya lansia tidak dapat mandiri. Menjadi ketergantungan dan menjadikan beban lebih berat bagi keluarga maupun negara. (ser/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia