Sabtu, 25 May 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Awas, Makanan Tak Layak Konsumsi

14 Mei 2019, 16: 08: 42 WIB | editor : Perdana

Ilustrasi

Ilustrasi

SUKOHARJO – Seiring meningkatnya konsumsi masyarakat selama Ramadan hingga Lebaran, potensi beredarnya makanan tak layak konsumsi cukup tinggi. Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo mewanti-wanti konsumen teliti sebelum membeli kebutuhan pokok.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo mengatakan, pantauan di lapangan tidak hanya pada sisi kemasan. Petugas akan melakukan tes guna mengetahui ada tidaknya kandungan zat kimia berbahaya. Produk makanan yang rawan menggunakan bahan kimia berbahaya antara lain kerupuk, cendol, dan mi basah.

“Pedagang takjil juga kita pantau. Apakah menunya memenuhi unsur kelayakan perdagangan dan kesehatan atau tidak,” jelasnya, Senin (13/5).

Terpisah, Lurah Pasar Ir. Soekarno Widadi Nugroho mengaku sudah memantau stok dan harga kebutuhan pokok. Termasuk kemasan dan bahan yang digunakan.

“Yang ramai sekarang seperti cendol, cincau dan kolang kaling. Jangan sampai ada pelanggaran penggunaan bahan kimia atau pewarna membahayakan. Itu kami pantau secara ketat,” ungkapnya. (yan/wa)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia