Sabtu, 25 May 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Hendak Dilantik, Cakades Meninggal

14 Mei 2019, 20: 26: 11 WIB | editor : Perdana

PERSIAPAN: Lokasi pelantikan kades terpilih.

PERSIAPAN: Lokasi pelantikan kades terpilih. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

KLATEN – Kabar duka datang dari persiapan pelantikan kepala desa (kades) terpilih di Kabupaten Klaten yang akan digelar Kamis (16/5). Muhammad Sudarwanto, 59, kades terpilih dari desa Kwarasan, Kecamatan Juwiring meninggal dunia karena sakit, Minggu malam (12/5). Calon petahana ini sempat mendapat perawatan medis di RSI Klaten.

Sudarwanto terpilih kembali dalam pilkades serentak, Maret lalu. Terkait kekosongan jabatan, diserahkan sepenuhnya kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat. Namun, ada dua opsi yang bisa dilakukan. Yakni mengangkat penjabat (Pj) maupun pengganti antarwaktu (PAW).

Camat Juwiring Herlambang Joko Santosa menjelaskan, Sudarwanto diketahui merasakan masuk angin setelah berbuka puasa, Minggu (12/5). ”Belum sempat dilakukan terapi, kondisinya langsung lemas. Sehingga langsung dilarikan ke RSI Klaten. Saat dibawa ke rumah sakit sudah tidak ada. Meninggal sekitar pukul 19.30 WIB,” jelas Herlambang kepada Jawa Pos Radar Solo.

Sebenarnya tidak ada gejala sama sekali yang diperlihatkan Sudarwanto. Bahkan tidak pernah mengeluh sakit kepada pihak keluarga. ”Terkait kekosongan kepala desa ini, kami tunggu arahan bupati. Tergantung kebijakannya bagimana. Apakah di Pj atau bisa saja diikutkan pada gelombang ketiga pemilihan kepala desa serentak mendatang,” terang Herlambang.

Sementara itu, total ada 269 kades yang akan dilantik serentak di Pendapa Pemkab Klaten. Meninggalnya, Sudarwanto membuat slor pelantikan hanya 268 kades saja. Terkait rangkaian pelantikan, awalnya akan digelar malam hari. Namun akhirnya digeser jadi pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB.

Dari 268 cakades terpilih, 135 orang di antaranya berstatus petahanan. ”SK pelantikan hanya 268 orang karena seorang kades (Sudarwanto) meninggal dunia,” papar Kepala Seksi (Kasi) Penataan Kelembagaan Desa Bidang Penataan dan Administrasi Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Klaten Agung Kristantana. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia