Selasa, 15 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Masjid Futuristik, Jadi Daya Tarik Acara Pernikahan

14 Mei 2019, 20: 36: 05 WIB | editor : Perdana

MODERN: Masjid Nurul Huda UNS

MODERN: Masjid Nurul Huda UNS (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

MASJID dengan interior modern minimalis juga diterapkan di Masjid Nurul Huda (NH) Universitas Sebelas Maret (UNS).

Tanpa kubah, hanya menara limasan yang jadi identitas masjid ini. Di dalamnya pun tidak ada ukiran-ukiran. Justru banyak lampu yang mengesankan seperti hotel berbintang. Bangunannya pun banyak didominasi oleh kaca dan stainless.

"Jadi seperti bukan masjid ya. Konsepnya modern futuristik. Lebih mirip hotel malah. Tapi itu lah keistimewaannya," beber Ketua Harian Masjid NH, Suwarto kepada Jawa Pos Radar Solo.

Dengan konsep masjid yang menarik ini, hampir dipastikan setiap bulan selalu ada yang menggelar akad nikah di masjid tersebut. Baik alumni kampus maupun masyarakat umum.

"Mungkin karena interornya tidak monoton, pengunjung juga dimanjakan dengan suasana masjid yang sejuk, banyak angin berhembus. Ini jadi daya tarik orang-orang untuk akad nikah di sini," sambung Suwarto.

Masjid NH juga memisahkan tempat salat jamaah putra dan putri. Jamaah putri ditempatkan di lantai 2. Dengan desain ini, menurut Suwarto, sangat kondusif untuk itikaf. Bahkan Masjid NH menjadi rujukan masyarakat di Solo dan sekitarnya untuk itikaf jamaah putri. Ramadan tahun lalu, jamaah itikaf mencapai 1.250 jamaah. Tahun ini diprediksi akan lebih dari jumlah tersebut.

"Memang kami desain untuk itu. Paling representatif untuk itikaf, jamaah putri terutama," sambungnya.

Masjid NH mampu menampung 6.000 jamaah. Masjid NH direnovasi dan diresmikan kembali pada 2013 silam. Ada banyak penambahan fasilitas yang dilengkapi. Salah satunya, perpustakaan masjid yang dikelola secara profesional. Bahkan sudah menerapkan sistem online.

"Karena ini masjid kampus jadi harus dikelola dengan baik. Di Jawa Tengah masjid ini salah satu yang paling strategis perpustakaan di tempat ibadah," tandasnya. (aya/adi)

Fasilitas Masjid Nurul Huda

1. Perpustakaan masjid

2. Dua ruang seminar. Dengan kapasitas 250 orang dan 150 orang

3. Ruang diskusi

4. Ruang rapat

5. Asrama takmir

6. Toilet disabilitas

7. Akses disabilitas

8. 800-1.000 porsi buka puasa tiap hari

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia