Minggu, 16 Jun 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Wajah Baru Gor Manahan, Lapangan Olahraga hingga Konser Musik

15 Mei 2019, 14: 26: 38 WIB | editor : Perdana

Wajah Baru Gor Manahan, Lapangan Olahraga hingga Konser Musik

SOLO - Gedung Olah Raga (GOR) Manahan digadang-gadang menjadi gedung multifungsi. Selain lapangan olahraga, juga dapat digunakan untuk menggelar konser musik.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surakarta Joni Hari Sumantri mengatakan, sebelumnya GOR Manahan juga kerap menjadi lokasi konser. Namun suara yang dihasilkan tidak dapat maksimal. Untuk itu, dia ingin GOR Manahan nanti dibangun dengan sistem akustik ruangan yang lebih baik.

“Fungsi utama GOR adalah untuk olahraga. Tapi (konser) memang kita perkenankan. Salah satu yang dibahas adalah akustik. Jangan sampai akustiknya hanya pas untuk olahraga tetapi kalau untuk konser nggak pas,” katanya, Selasa (14/5).

Joni menambahkan, penyelenggara konser di GOR Manahan harus menyiapkan panggung secara pribadi. Pemkot tidak membangun panggung khusus untuk keperluan pagelaran musik. Di dalam GOR seluas 6.500 meter persegi itu, pemkot akan memasang single seat di seluruh tribun. Di samping itu disiapkan tribun VIP dan ruang khusus dokumentasi dan komentator.

“Field of play sendiri 45 x 35 meter, bentuknya bunder, mengerucut kayak payung. Kapasitas kursi sekitar 2.800 kursi. Yang pasti penonton nyaman,” imbuhnya.

Pembangunan GOR Manahan sendiri telah memasuki masa konstruksi. Lelang akan dilaksanakan bulan ini. Joni memperkirakan awal Juli proses pengerjaan bakal dilaksanakan. Untuk menyelesaikan konstruksi, pemkot butuh anggaran Rp 30 miliar. Angka tersebut belum termasuk finishing yang akan dilaksanakan pada 2020.

“Finishing ada story board, kursi dan lain-lainnya. Kalau sudah jadi, GOR bisa digunakan enam cabang olahraga seperti basket, badminton, voli dan futsal,” katanya.

Sebelumnya Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menyampaikan bahwa GOR Manahan akan diberi nama Manahan Indoor Sport Centre. Diharapkan pembangunan GOR di atas total lahan 11.000 meter persegi itu bakal menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat. Bahkan Solo dapat sebagai rujukan penyelenggaraan event olahraga bertaraf Internasional. (irw/bun)

Wajah Baru GOR Manahan

Luas gedung 6.500 meter persegi

Kapasitas kursi 2.800

Biaya pembangunan Rp 30 miliar

Target selesai proyek 2020

- Berubah nama menjadi Manahan Indoor Sport Centre

- Bisa untuk menggelar enam cabang olahraga

- Selain itu bisa untuk konser musik 

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia