Selasa, 15 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Tiket Mudik Bus Luar Pulau Habis

15 Mei 2019, 15: 14: 20 WIB | editor : Perdana

MULAI BERGELIAT: Kenaikan penumpang di Terminal Tirtonadi Solo mulai terasa jelang Lebaran.

MULAI BERGELIAT: Kenaikan penumpang di Terminal Tirtonadi Solo mulai terasa jelang Lebaran. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Animo pemudik menggunakan bus masih tinggi. Terbukti, tiket bus untuk Lebaran sudah mulai banyak dipesan sejak akhir Maret. Beberapa tujuan seperti Lombok, Mataram, Sumatera, dan Bali sudah habis.

Pemilik Agen Tiket Bus Jawa Baru Overland Tri Suhendri mengatakan, tiket bus untuk mudik Lebaran sudah ramai. Akhir Maret pembelian tiket bus sudah terlihat meningkat. Kebanyakan rombongan keluarga yang memesan untuk keberangkatan menjelang Lebaran, sekitar empat hingga enam orang dalam satu keluarga. Tujuan paling ramai dibeli ke Bali dan Mataram, NTB untuk pemberangkatan 29 Mei. 

“Untuk momen mudik Lebaran kali ini banyak yang memesan tanggal pemberangkatan 38-29 Mei tujuan Bali dan Mataram. Kebanyakan memang untuk mudik Lebaran, tetapi juga ada beberapa pemesan untuk liburan. Untuk Jakarta sampai saat ini masih normal, kemungkinan ramai 8 Juni mendatang,” jelas Suhendri, kemarin (14/5). 

Untuk tujuan Bali pada 29 dan 30 Mei sudah penuh. Sedangkan tujuan Lombok pada 28-30 Mei juga ludes terjual. Kemudian untuk Lombok jadwal keberangkatan ditambah menjadi sepekan tiga kali. Padahal, biasanya hanya dua kali perjalanan. Untuk kapasitas bus jurusan Jakarta ada 32 tempat duduk, bus ke Bali 28 tempat duduk, dan Lombok 32 tempat duduk. “Ada tiga armada yang tersedia dan tidak ada tambahan armada sampai saat ini,” ujarnya. 

Sementara itu, karyawan PO Putra Remaja Parni mengatakan, permintaan tiket bus tujuan Sumatera sudah meningkat. Terutama pesanan kalangan mahasiswa yang ingin mudik. Beberapa tujuan ke Sumatera, seperti Lampung, Palembang dan Jambi sudah banyak dipesan untuk keberangkatan 29 Mei hingga 2 Juni. Kemudian setelah Lebaran ramai pada 13 Juni atau arus balik. 

“Untuk periode Lebaran ini dalam sehari bisa 5-6 unit bus, tapi kalau ramai bisa tambah menjadi 7-8 bus. Jumlah ini lebih banyak dua kali lipt dari hari biasa sekitar 3-3 bus saja. Lama perjalanan untuk tujuan Lampung sekitar 24 jam, sedangkan Jambi 30 jam perjalanan,” ujarnya. (gis/bun)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia