Selasa, 15 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Sragen

Hati-Hati Beli Kue Lebaran

15 Mei 2019, 19: 24: 05 WIB | editor : Perdana

PEDAGANG MUSIMAN: Aneka takjil ramai diserbu pembeli saat bulan puasa

PEDAGANG MUSIMAN: Aneka takjil ramai diserbu pembeli saat bulan puasa (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Banyaknya aneka makanan dan minuman yang dijajakan harus tetap diwaspadai oleh calon konsumen. Jangan hanya terlena oleh rasanya, namun juga cek masa kedaluarsanya.

Tim gabungan Pemkab Sragen berencana menggelar operasi gabungan selama 10 hari jelang Idul Fitri untuk memastikan keamanan makanan. Tim terdiri dari Satpol PP, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), Dinas Ketahanan Pangan, dan Polres Sragen dengan leading sector Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sragen.

Kasi Farmasi DKK Sragen Wigiyanto menjelaskan, pantauan di daerah juga dilakukan. Yakni oleh tim dari puskesmas. Sasaran operasi, di antaranya ke pasar-pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan.

”Untuk pengawasan menyeluruh, edaran sudah diberikan dan dilakukan oleh puskesmas. Biasanya juga lintas sektor juga,” terang Wigiyanto kepada wartawan Selasa (14/5).

Apakah sudah ada laporan dari warga soal temuan makanan berbahaya atau kedaluarsa? Wigiyanto mengaku, hingga saat ini belum ada laporan. Namun yang menjadi perhatian dinas adalah pedagang kue dadakan yang banyak menajajakan dagangannya jelang Hari Raya. Masyarakat diminta untuk selalu waspada sebelum membeli penganan musiman itu.

”Setiap tahun banyak pedagang kue dadakan. Itu menjadi fokus kami,” terangnya.

Sementara terkait makanan takjil yang sehari langsung habis, hal itu dianggap tidak masalah. Tapi, untuk jenis makanan yang bisa awet lebih dari lima hari, si pembuat harus membuat izin pangan industri rumah tangga (PIRT) terlebih dahulu.

”Jika ada makanan yang diduga berbahaya, masyarakat bisa melapor ke puskesmas atau ke kepala pasar. Dengan demikian, bisa diambil langkah tindak lanjut dan tidak membahayakan konsumen,” pungkas Wigiyanto. (din/ria)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia