Selasa, 15 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Sragen

Pilkades Serentak Bisa Digelar Akhir September

15 Mei 2019, 19: 42: 10 WIB | editor : Perdana

Pilkades Serentak Bisa Digelar Akhir September

SRAGEN – Pemilihan kepala desa (Pilkades) 2019 kemungkinan besar bisa digelar serentak pada akhir September. Pilkades tahun ini akan dilaksanakan oleh 167 desa di 20 kecamatan. 

Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Sragen Didik Purwanto mengatakan, saat ini peraturan daerah (Perda) tentang Kepala Desa sudah selesai dan disahkan. Perda tersebut salah satunya mengatur tentang pilkades. 

”Saat ini tinggal menunggu pembentukan peraturan bupati (perbup),” terang Didik.

Untuk rancangan perbup itu pun saat ini tinggal menunggu fasilitasi ke Biro Hukum dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil (Dispermasdesdukcapil) Pemprov Jateng. Disampaikan Didik, berdasarkan rancangan yang sudah dibuat, waktu pelaksanaan pilkades dijadwalkan pada akhir September. 

Masih dari draft sementara yang dibuat, tahapan pilkades sudah bisa dimulai akhir Mei ini. Yakni dengan pembentukan panitia kabupaten dan desk kecamatan. Kemudian, setelah Idul Fitri mulai memasuki tahap sosialisasi regulasi. Setelah itu, pembentukan panitia desa pada Juni.

Menurut Didik, jika pelaksanaan pilkades digelar akhir September, itu masih sangat memungkinkan dan tidak akan melanggar ketentuan. Termasuk untuk Desa Kadipiro yang merupakan desa terakhir dengan masa jabatan kades di akhir Desember 2019. 

”Kalau dihitung, rentang waktunya dengan Desa Kadipiro masih cukup jika digelar akhir September,” ujar dia. (din/ria)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia