Jumat, 18 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Gelombang Tinggi, Jauhi Bibir Pantai

15 Mei 2019, 19: 50: 05 WIB | editor : Perdana

TUNGGU WAKTU BEDUK: Warga mengunjungi Pantai Sembukan, Paranggupito jelang waktu berbuka puasa, Selasa (14/5).

TUNGGU WAKTU BEDUK: Warga mengunjungi Pantai Sembukan, Paranggupito jelang waktu berbuka puasa, Selasa (14/5). (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri memberikan peringatan kepada masyarakat agar tidak mendekati bibir pantai untuk tiga hari ke depan. Sebab, berpotensi terjadi gelombang tinggi.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan, gelombang setinggi 2,5-4 meter diprediksi terjadi mulai Selasa (14/5) hingga Jumat (17/5) di Pantai Selatan Jawa.

"Kami sudah kirim imbauan ke camat Paranggupito supaya diteruskan kepada kades-kades yang wilayahnya memiliki pantai," katanya kemarin. 

Gelombang tinggi, lanjut Bambang, terjadi karena pola angin di wilayah utara Indonesia umumnya dan selatan barat dengan kecepatan 4-15 knot. Sedangkan di wilayah selatan lndonesia umumnya dan timur-tenggara dengan kecepatan angin 4-25 knot. 

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Jawa. Laut Jawa bagian timur, Laut Banda dan Laut Arafuru. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut," urainya. 

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir Pantai Paranggupito diminta selalu waspada. Termasuk di pantai yang kerap dikunjungi wisatawan. Seperti Sembukan, Nampu, Klotok, dan sebagainya. 

"Apalagi di sore hari banyak warga yang menghabiskan waktu di pantai untuk menunggu berbuka puasa," jelas dia.

Banyaknya warga yang terbiasa ngabuburit di kawasan Paranggupito dibenarkan warga setempat Danang Indarto. Mereka biasanya bermain di tepi pantai atau naik ke perbukitan untuk menyaksikan keindahan Samudera hindia. "Kalau sore saat puasa ini banyak warga ke pantai. Pada pagi hari setelah Salah Subuh juga banyak," tutur dia. (kwl/wa) 

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia