Senin, 14 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Dishub & Polres Boyolali Gelar Ramcek, Sasar Garasi PO

16 Mei 2019, 18: 40: 00 WIB | editor : Perdana

DICEK: Ramcek bus angkutan lebaran di garasi PO Laju Prima.

DICEK: Ramcek bus angkutan lebaran di garasi PO Laju Prima. (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Memastikan kelayakan armada angkutan lebaran, Dinas Pehubungan (Dishub) Boyolali bersama jajaran Satlantas Polres Boyolali menggelar ramcek, kemarin (15/5). Menyambangi sejumlah garasi PO bus angkutan Lebaran. Hasilnya, seluruh armada bus dalam kondisi laik jalan.

Pengecekan dilakukan di garasi bus PO Laju Prima, PO Pandawa, serta Terminal Sunggingan. Petugas gabungan secara acak mengecek kondisi bus yang ada. Ramcek mencakup perlengkapan bus seperti lampu, wiper, ban, mesin, maupun surat-surat kendaraan.

Seluruh bagian dicek secara teliti. Petugas juga naik ke kabin untuk mengecek perlengkapan di dalamnya. Petugas mendapati armada bus yang kartu ceknya sudah mati. Dari petugas PO Laju Prima, diperoleh informasi kalau kartu yang mati itu sedang dalam proses pengurusan.

Kabid Pengembangan dan Keselamatan Dishub Boyolali Didik Riyanto mengaku ramcek untuk memastikan kondisi bus laik jalan. Hal itu sangat penting. Apalagi sebentar lagi memasuki masa arus mudik dan balik Lebaran.

”Bus ini kan juga digunakan untuk mengangkut pemudik. Jadi harus dipastikan kondisinya. Apakah benar-benar laik jalan atau tidak,” terangnya kepada Jawa Pos Radar Solo di sela ramcek kemarin.

Petugas gabungan juga mengecek secara acak sampel urine sejumlah sopir. Memastikan apakah sopir bus mengonsumsi minuman keras (miras) dan narkoba atau tidak. Sebab jika sampai kendapatan mengonsumsi miras atau narkoba, sangat membahayakan jiwa seluruh penumpang.

Kanit Dikyasa Satlantas Ipda Winarsih mewakili Kasatlantas Polres Boyolali AKP Febriyani Aer mengaku hasil pemeriksaan Dokkes Polres Boyolali tak ditemukan sopir yang positif narkoba atau miras. ”Kondisi bus semua laik jalan. Tadi ada kaca yang retak-retak dan pemilik sudah berniat menggantinya,” imbuhnya.

Operasional PO Laju Prima Yanto menyambut positif ramcek ini. ”Tidak masalah, kami senang ada pengecekan. Justru bisa memacu kami untuk senantiasa menjaga bus dan kru dalam kondisi terbaik,” bebernya. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia