Minggu, 16 Jun 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Antisipasi Lonjakan Kendaraan, Pospam Ngasem Digeser ke Penggung

17 Mei 2019, 14: 25: 59 WIB | editor : Perdana

TUGAS LAPANGAN: Anggota kepolisian bersiaga di pospam pada musim mudik Lebaran tahun lalu.

TUGAS LAPANGAN: Anggota kepolisian bersiaga di pospam pada musim mudik Lebaran tahun lalu. (RYANTONO P.S/RADAR SOLO)

Share this      

SUKOHARJO – Fokus antisipasi kemacetan arus mudik dan balik Lebaran di Kota Makmur bergeser dari Ngasem, Kartasura ke Penggung, Gatak. Titik tersebut merupakan perbatasan antara Klaten dan Sukoharjo. 

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengatakan, ada empat titik pos pengamanan (pospam) yang disiapkan. Salah satunya bergeser dari Ngasem ke Penggung. "Wilayah perbatasan dengan Klaten itu cukup padat. Butuh waktu cukup lama untuk mengurainya,” katanya kemarin (16/5).

Adapun lokasi pendirian pospam yakni di simpang lima Sukoharjo, patung Pandawa Solo Baru, eks Terminal Kartasura, dan Penggung. Dari pengalaman mudik tahun lalu, kemacetan didominasi kendaraan lokal dari Jogjakarta dan Solo. Petugas harus berupaya ekstra mengurainya hingga dini hari. 

“Agar tidak terulang, maka pospam Nguter digeser ke Penggung,” jelas kapolres. Diharapkan pola tersebut bisa membantu dan dirasakan manfaatnya saat arus mudik dan balik.

Di samping pospam, disiapkan personel gabungan Polri, TNI, dinas kesehatan, satpol PP, dinas perhubungan, dan lainnya. Seluruh elemen tersebut telah melakukan koordinasi.

Ditambahkan kapolres, pospam di simpang lima Sukoharjo mengantisipasi kegiatan masyarakat. Lokasi tersebut juga merupakan akses terdekat dengan alun-alun. Serupa di pospam patung Pandawa di kawasan pusat kuliner.

Sedangkan pospam Kartasura merupakan titik krusial penghubung Solo-Jogjakarta, Jogjakarta-Semarang dan Solo-Semarang. Kartasura menjadi titik krusial sehingga memerlukan perhatian ekstra.

"Untuk Penggung sudah saya jelaskan di awal, yakni untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan dari arah Jogjakarta," terang Iwan. (yan/wa)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia