Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Sragen

Sambut Pemudik, PJU Tambah Penerangan

17 Mei 2019, 16: 23: 04 WIB | editor : Perdana

DIKEJAR TARGET: Pihak Dishub Sragen tengah memasang lampu PJU berbentuk LED di Jalan Sukowati.

DIKEJAR TARGET: Pihak Dishub Sragen tengah memasang lampu PJU berbentuk LED di Jalan Sukowati. (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Para pemudik yang akan melintasi di Kabupaten Sragen, baik dari arah Solo ataupun Surabaya tak perlu khawatir lagi. Khususnya terkait kurang terangnya lampu penerangan jalan umum (PJU) di sekitar Bumi Sukowati. Pemerintah Kabupaten Sragen melalui Dinas Perhubungan (Dishub) tengah mengganti lampu PJU dari konvesional menjadi LED. Harapannya dari sisi pencahayaan akan lebih terang dan hemat energi dari sebelumnya.

Kabid Lalu Lintas Dishub Sragen, David Hendrato menyampaikan pihaknya saat ini sedang memperbaiki sejumlah lampu PJU di sepanjang Jalan Sukowati. Hal ini untuk menyiapkan sarana dan prasarana jelang arus mudik maupun balik di momen Lebaran 2019.

Pihaknya menyampaikan saat ini fokus pada pergantian lampu di arah timur jalan. ”Kita mengganti lampu peneragan di Jalan Sukowati dengan jenis lampu LED. Ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada malam hari, sehingga masyarakat yang melewati Jalan Sukowati semakin terang saat melintasinya,” jelas David kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin (16/5)

Pihaknya menyebut penggantian lampu ini dilakukan secara bertahap. Tahap pertama  dilakukan di 10-15 titik, yang semuanya bagian ruas Jalan Sukowati. Kemudian tahap selanjutnya akan dilakukan di Jalan Tangkil-Sapen, atau di sekitar flyover. Pihaknya mempertimbangkan faktor keamanan, lantaran ruas tersebut cukup gelap.

”Ini untuk meningkatkan keamanan pengendara dari yang rawannya aksi pembegalan atau penjambretan. Kami juga merencanakan pemasangan baru di setiap kecamatan, meskipun belum semuanya,” ujarnya.

Dia menjelaskan wilayah pemasangan baru di antaranya akan dipasang di Kecamatan Mondokan, Sukodono hingga Plupuh. Sementara di Kecamatan Gondang ada beberapa titik yang kini sudah  menggunakan lampu LED. ”Kami pilih LED, masih menggunakan jaringan arus listrik. Untuk saat ini sumber energi bukan panel surya, karena perawatan repot dan rawan pencurian,” tandas David.

David juga menyampaikan untuk meningkatkan kenyamanan pemudik di wilayah barat, seperti Kecamatan Gemolong, nantinya juga akan dipasang lampu PJU baru. Pemasangan PJU ini di areal parkir bus malam Gemolong. 

”Peningkatan pelayanan bagi pengguna bus malam, sekaligus sebagai peningkatan keselamatan bagi pemudik yang melintas di sekitar Gemolong pastinya,” ujar David. (din/nik)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia