Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Sragen

Literasi Keuangan Dongkrak Produksi Petani

18 Mei 2019, 16: 26: 49 WIB | editor : Perdana

KETAHANAN PANGAN: Bantuan alat transplater untuk meningkatkan produksi petani.

KETAHANAN PANGAN: Bantuan alat transplater untuk meningkatkan produksi petani. (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Pengembangan usaha di sektor pertanian, kini jadi salah satu perhatian bagi sebagian industri perbankan. Terutama guna mendukung program literasi keuangan di sektor pangan. Dimana selama ini petani belum banyak mendapatkan akses pembiayaan ke perbankan. 

Seperti yang dilakukan salah satu Bank Sinarmas dalam menyalurkan kredit pertanian, bekerja sama dengan off taker atau penjamin pembelian hasil panen. Dalam hal ini, pihak ketiga selaku penyedia bibit, dan pembeli hasil panen petani. 

“Dalam kerja sama dengan perbankan, kita bertanggungjawab atas pinjaman-pinjaman dari petani. Namun sebelum para petani mendapatkan pembiayaan dari perbankan, mereka harus mendapatkan penilaian dari kita, mendapatkan sertifikat dan surat rekomendasi,” papar Owner CV Mutiara Bumi, Hesti Yuliastanti disela literasi keuangan di Gemolong, Sragen, Jumat (17/5). 

Selama dua bulan menjalin kerjasama sudah ada 6 petani yang mengajukan pembiayaan dengan nilai sekitar Rp 300 juta. Dengan sistem pembayaran, saat petani panen maka gabah akan dibeli CV Mutiara Bumi. Kemudian hasil panennya akan dipotong untuk pembiayaan diawal.  

Kegiatan tersebut digelar guna meningkatkan edukasi mengenai pembiayaan mikro sederhana kepada para petani. Sehingga para petani dapat dibekali dengan ilmu pengelolaan keuangan sederhana. Diharapkan ke depannya para petani dapat terhindar dari praktek tengkulak melalui pemaparan edukasi pembiayaan kepada para petani.

“Kami mengharapkan para petani mempunyai pengetahuan keuangan sederhana dan bebas dari praktek tengkulak. Ini sebagai bentuk komitmen kami dalam mendukung program pemerintah terutama literasi keuangan,” jelas Micro Small Business Bank Sinarmas, Hendra Gunadi.]

Di sisi lain, pihak bank juga melaksanakan kegiatan sosial berupa pemberian bantuan alat pertanian berupa satu unit transplater atau alat penanam padi dan satu unit alat perontok padi. Yang diharapkan dapat membantu dan menunjang produktifitas hasil pertanian. (din/nik

(rs/din/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia