Minggu, 16 Jun 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Belasan Desa Belum Garap Verval

18 Mei 2019, 17: 01: 48 WIB | editor : Perdana

Belasan Desa Belum Garap Verval

SUKOHARJO – Dinas Sosial (Dinsos) Sukoharjo menunggu pengumpulan hasil verifikasi dan validasi (verval) basis data terpadu (BDT) 2019. Diketahui masih ada 20 persen atau belasan desa dari total 150 desa belum menyelenggarakan dan mengumpulkan data tersebut. Sedangkan untuk kelurahan telah klir.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sukoharjo Sarmadi mengatakan, verval akan dijadikan dasar pemberian bantuan sosial agar tepat sasaran. ”Pengumpulan data nantinya langung di-up-to-date pemerintah pusat. Kita minta pemerintah desa segera mengumpulkan datanya,” jelas dia kemarin (17/5).

Menurut Sarmadi, bila pemerintah desa tidak segera mengumpulkan data, pemkab akan meninggalkan desa tersebut dengan mengirimkan data dari desa lainnya yang telah rampung pendataan.

“Pemerintah desa harus bekerja cepat karena (verval, Red) menyangkut kepentingan warganya. Jangan sampai warga mampu secara ekonomi malah mendapatkan bantuan, sedangkan yang miskin terlewat,” tegas dia.

Apa alasan pemerintah desa tidak segera menyelenggarakan dan mengumpulkan verval? Sarmadi menyebut karena kesibukan kegiatan lain. Di antaranya persiapan pemilu, penyusunan APBDdes, laporan keuangan, dan lainnya.

Bagi pemerintah desa yang belum menyelenggarakan dan mengumpulkan verval data BDT, diberi kesempatan pada kegiatan serupa periode November mendatang. (yan/wa)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia