Rabu, 20 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Bahaya! Sidak Toko Modern Temukan Produk Kedaluwarsa & Tak Steril

20 Mei 2019, 21: 03: 01 WIB | editor : Perdana

Tim gabungan memeriksa satu per satu produk makanan dan minuman di toko modern dan ritel

Tim gabungan memeriksa satu per satu produk makanan dan minuman di toko modern dan ritel

Share this      

KARANGANYAR – Setelah menyasar warung dan pasar tradisional, inspeksi mendadak (sidak) makanan dan minuman oleh tim Pemkab Karanganyar berlanjut ke minimarket dan ritel. 

Tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar mendatangi ritel yang berada di salah satu pusat perbelanjaan di Karanganyar Senin (20/5).

Tim mengecek satu persatu makanan yang dijual. Baik makanan kering maupun basah yang disimpan di dalam mesin pendingan.

Ternyata tim menemukan beberapa kaleng susu dengan kemasan rusak. Selain itu, ada sejumlah barang yang diduga menggunakan nomor dagang palsu. Bahkan, satu bungkus makanan ringan yang berkutu.

“Kita harapkan agar dari manajemen setempat untuk menarik atau tidak menjual barang yang rusak. Kemudian sebelum dijual, pihak manajemen juga harus dapat memilah, kemasan mana yang rusak atau kotor,” terang Kabid Pencegahaan dan Pengendalian Penyakit (P2P) DKK Rita Ratna Sari Dewi di sela-sela sidak.

Selain di pusat perbelanjaan, tim juga mendatangi sejumlah toko modern. Hasilnya, ditemukan puluhan produk kedaluwarsa yang dijajakan bercampur produk berkondisi bagus. Kebanyakan makanan kecil kemasan dan susu anak beraneka rasa. Tim menemukan pula penyimpanan tidak steril dan penataan buruk.

“Banyak ditemukan kotoran tikus di wadah dan tempat penyimpanan dagangan. Bahaya sekali kencingnya. Bisa terkena leptospirosis. Produk makanan ditata berdampingan sabun, cairan pembersih, dan sebagainya,” ujar Rita. (ria/rud)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia