Rabu, 13 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Air Terjun Girimanik Ditarget Pikat 3.000 Orang

21 Mei 2019, 12: 05: 59 WIB | editor : Perdana

BERHAWA SEJUK: Pengunjung menikmati keindahan alam di air terjun Girimanik.

BERHAWA SEJUK: Pengunjung menikmati keindahan alam di air terjun Girimanik. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Air terjun Girimanik digadang-gadang dapat menyedot kunjungan wisatawan selama libur Lebaran. Akses menuju objek wisata ini sudah dibuat mulus. Tidak ada lagi lubang jalan. 

Sekretaris Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Fredy Sasono optismistis program Alus Dalane yang diinisiasi pemkab berbuah manis. Di antaranya, mendongkrak kedatangan wisatawan di air terjun Girimanik, Slogohimo. "Kami prediksi Girimanik akan padat saat libur Lebaran. Jalannya sudah halus,” jelasnya, Senin (20/5).

Menurut Fredy, pada 2017, retribusi Girimanik ditarget Rp 40 juta. Tapi, realisasinya hanya Rp 23 juta. Kemudian pada 2018, ditarget Rp 40 juta, realisasinya Rp 88 juta. Sedangkan tahun ini ditargetkan Rp 40 juta.

"Kami prediksi realisasi (pendapatan retribusi, Red) bisa Rp 100 juta. Mengingat pengunjung pada libur Lebaran 2017 sekitar 800 orang, 2018 sebanyak 2.000 orang. Kita prediksi tahun ini diprediksi tembus 3.000 orang," tutur dia.

Guna menjamin kenyamanan wisatawan, pemkab sudah menyediakan lahan parkir. Sekaligus berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memastikan keamanan.

Selain akses yang sudah mulus, yang ditargetkan menjadi magnet wisatawan yakni hadirnya taman baru di kawasan air terjun Girimanik.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti melalui Kapolsek Slogohimo Kukuh Wiyono menambahkan, pihaknya sudah memprediksi akan terjadi lonjakan pengunjung di objek air terjun Girimanik.

"Kita sudah minta pengelola menambah lahan parkir. Kira-kira (sisi bagian atas,Red) bisa menampung 100 kendaraan roda dua. Jika di atas penuh, bisa di bawah, tapi ya harus sedikit jalan kaki," ucapnya.

Pengunjung diminta ekstrawaspada ketika melintasi simpang empat Soko boyo karena rawan kecelakaan. "Kita akan siagakan personel di lokasi tersebut untuk antisipasi kerawanan," kata dia. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia