Kamis, 20 Jun 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Awas, Kaleng Makanan Berkarat

22 Mei 2019, 10: 10: 59 WIB | editor : Perdana

Awas, Kaleng Makanan Berkarat

SOLO - Sepuluh kaleng makanan dalam kondisi berkarat ditemukan beredar di salah satu ritel modern di Jalan Ronggowarsito, Selasa (21/5). Tim pemantauan bahan makanan berbahaya/barang kedaluwarsa pemkot langsung mengamankan dan meminta pihak toko modern menarik produk sejenis.

Selain kaleng makanan berkarat, tim gabungan dinas perdagangan, dinas kesehatan, dinas pertanian ketahanan pangan dan perikanan, satpol PP, Satgas Pangan Polresta Surakarta dan Bagian Perekonomian Setda Surakarta itu juga menemukan produk susu yang mendekati tanggal kedaluwarsa. Sebanyak enam kardus susu instan tersebut diketahui kedaluwarsa pada pertengahan Juni tahun ini. Penanggung jawab ritel diminta untuk memperhatikan lebih detail soal waktu habis pakai tersebut.

“Tadi kita temukan kaleng berkarat dan penyok, seperti itu kan berarti terkontaminasi. Termasuk produk kedaluwarsa. Harusnya jika masa expired sudah tinggal satu bulan, lebih baik pihak toko menariknya,” terang Koordinator Tim Pemantauan Bahan Makanan Berbahaya/Barang Kedaluwarsa Pemkot Surakarta Kristiana.

Meski penarikan produk mendekati kedaluwarsa menjadi hak pengelola ritel, namun pemkot tetap mengingatkan agar tidak terjadi kealpaan dalam mendata dan melihat tanggal kedaluwarsa. Pemkot memberi tenggat penarikan maksimal satu pekan sebelum tanggal kedaluwarsa.

“Jika sampai makanan atau minuman seperti ini (kedaluwarsa) dikonsumsi masyarakat, untuk kesehatan tidak baik. Kami juga mengimbau agar masyarakat kalau beli jangan yang mendekati tanggal kedaluwarsa,” tegasnya.

Pekan lalu, tim yang sama menemukan sirup kedaluwarsa dijual di salah satu toko grosir di kawasan Serengan. Selain itu juga ada temuan gudang bahan makanan dalam kondisi jorok.  Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Subagiyo menjelaskan, kegiatan pemantauan dilaksanakan selama dua hari. Kegiatan yang sudah digelar kali kedua ini sebagai salah satu bentuk tanggung jawab pemkot dalam melakukan perlindungan konsumen. Selain ritel di Jalan Ronggowarsito, tim juga menggelar kegiatan serupa di salah satu toko modern di Jalan Honggowongso, Laweyan. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia