Selasa, 10 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Bayar THR Pegawai, Pemkot Rogoh Rp 39 M 

22 Mei 2019, 11: 10: 59 WIB | editor : Perdana

Bayar THR Pegawai, Pemkot Rogoh Rp 39 M 

SOLO - Pemkot mengalokasikan anggaran Rp 39 miliar untuk membayar tunjangan hari raya (THR) tahun ini. Tidak hanya aparatur sipil negara (SN), tenaga kontrak dengan perjanjian kerja (TKPK) juga ketiban rezeki.

Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Yosca Herman Soedradjat menjelaskan, pemkot mulai membayarkan THR kepada para ASN mulai awal pekan lalu. Surat perintah pencairan dana (SP2D) pembayaran THR sudah dirampungkan. Komponen itu terdiri dari satu kali gaji ditambah tunjangan kinerja (tukin).

“Yang dapat THR dengan komponen gaji plus tukin hanya ASN. Pegawai lainnya seperti tenaga kontrak dengan perjanjian kerja juga mendapatkan THR, tapi nilainya beda. Penyediaan THR setiap tahun memang selalu menyesuaikan kemampuan daerah. Tahun ini besarnya sekitar Rp 39 miliar,” katanya, Selasa (21/5).

Selain THR dan tukin, ASN Solo juga dimanjakan dengan kebijakan yang popular. BPPKAD mengeluarkan terobosan baru terkait pembayaran gaji. Seluruh ASN tetap bisa menerima gaji bulanan sekalipun hari pembayaran gaji tersebut adalah hari libur. “Kebijakan ini murni inovasi pemkot, sebagai reward bagi ASN,” tegasnya.

Selama ini pembayaran gaji ASN yang bertepatan dengan tanggal merah selalu ditunda. Para abdi negara biasa mendapatkan hak mereka saat hari pertama masuk kerja. Pembayaran gaji selalu dilakukan setiap tanggal 1. Dengan kebijakan ini, gaji tetap bisa dibayarkan tepat waktu meskipun tanggal 1 bertepatan dengan hari libur. Bahkan saat masa liburnya lama, seperti cuti bersama Lebaran mendatang.

“Teknisnya, gaji bruto akan ditransfer ke rekening masing-masing pegawai pada tanggal 1. Selanjutnya pada hari pertama masuk kerja usai cuti bersama, pegawai tersebut berkewajiban menyelesaikan administrasi penggajian di kantor masing-masing. Misalnya tanda tangan berkas dan sebagainya," jelasnya.

Dalam beberapa kesempatan Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo meminta ASN untuk memiliki sikap melayani. Dia juga menyampaikan agar ASN mengutamakan kepentingan masyarakat dibandingkan dengan kepentingan pribadinya. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia