Senin, 18 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Wali Kota Solo Tak Malu Cari Diskon Demi Perbaikan RLTH

22 Mei 2019, 12: 30: 59 WIB | editor : Perdana

Wali Kota Solo Tak Malu Cari Diskon Demi Perbaikan RLTH

SOLO - Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo siap mencari toko bahan bangunan yang bersedia memberi diskon untuk memperbaiki rumah tidak layak huni (RTLH). Sisa anggaran hasil potongan harga itu akan kembali kepada penerima dana bantuan RTLH.

Hal itu disampaikan wali kota di hadapan 375 kepala keluarga (KK) penerima bantuan perbaikan RTLH yang hadir di Balai Tawangarum Kompleks Balai Kota Surakarta, Selasa (21/5). Rencana yang disampaikan Rudy itu mendapat sambutan meriah dari warga. 

“Nek urusan 'paring-paring' (meminta-minta) kuwi Pak Rudy wae. Saya nggak malu kalau untuk rakyat. Nanti saya datangi toko bangunan yang siap memberi diskon,” katanya.

Nantinya, lanjut Rudy, dari keseluruhan diskon yang didapat akan kembali diterima dan diwujudkan dalam bentuk bahan bangunan. Berdasarkan data, anggaran dana RTLH yang dibagikan berasal dari dana alokasi khusus (DAK) dan APBD Kota Surakarta. Dengan perincian sebanyak 169 penerima mendapatkan dari DAK dan sisanya bersumber dari APBD.

“Kita benar-benar maksimalkan program ini dengan meningkatkan kualitas rumah sehingga benar-benar layak untuk dihuni,” ujarnya. 

Pada tahun kemarin setiap unit hanya menerima 15 juta rupiah dan hanya diperuntukan untuk pembelian material saja. Tapi di tahun 2019 ini sudah menjadi 17.5 juta dengan tambahan honor khusus untuk tukang sebesar 2,5 juta.

Agar program ini berjalan lancar sesuai target, pemkot terus melakukan monitoring. Tim khusus disiapkan agar pembangunan RTLH sesuai dengan tujuan awal. Tim tersebut bertugas memantau proses perbaikan hingga selesai. Di samping itu, tim juga melihat perkembangan ekonomi warga yang telah menerima dana bantuan RTLH. 

“Apakah setelah rumahnya diperbaiki itu kehidupannya lebih baik? Dari sisi ekonomi, kesehatan terutama, gaya hidup bersih dan lain sebagainya. Harapannya mereka bisa meningkat minimal menjalankan pola hidup sehat di rumah yang baru direnovasi,” papar Rudy.

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Surakarta Heru Sunardi menambahkan, pemberian bantuan dana perbaikan RTLH menjadi salah satu solusi dari pemkot dalam mewujudkan terciptanya visi dan misi walikota yakni menjadikan masyarakat yang mapan papan.  “Artinya memiliki papan atau tempat tinggal yang layak,” ujarnya. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia