Rabu, 19 Jun 2019
radarsolo
icon featured
Features

Ngabuburit Asyik Kunjungi Tempat Bersejarah

22 Mei 2019, 18: 26: 09 WIB | editor : Perdana

KOMPAK: Anggota Soerakarta Walking Tour berkumpul di Masjid Agung Surakarta

KOMPAK: Anggota Soerakarta Walking Tour berkumpul di Masjid Agung Surakarta (YAZID RIVAI/RADAR SOLO)

Share this      

ADA banyak cara dilakukan umat muslim dalam menunggu saat berbuka puasa. Seperti halnya Komunitas Soerakarta Walking Tour yang menggelar ngabuburit sembari mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Kota Solo.

Ada beberapa lokasi sejarah yang sudah mereka kunjungi, seperti Masjid Agung Surakarta dan Kampung Kauman. Anggota komunitas yang berjumlah puluhan orang ini dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Puasa ternyata tidak menyurutkan semangat mereka mengikuti jelajah tempat-tempat bersejarah itu.

Pekan lalu, mereka mengunjungi Kampung Kauman yang memilih sejarah panjang bagi Kota Solo. Nama Kampung Kauman merupakan tempat tinggal para abdi dalem putihan atau penghulu. Kemudian pada saat ini menjadi pemukiman rakyat biasa atau kawula. Gang-gang kecil yang berada di Kampung Kauman dan tembok peninggalan sejak zaman penjajahan mereka telusuri.

”Adanya kegiatan ini membuat anggota komunitas lebih enjoy menunggu saat berbuka. Pesan yang ingin disampaikan meskipun menjalani puasa, jangan dijadikan alasan untuk tidak beraktifitas,” tutur Nissa peserta.

Biasanya kegiatan Soerakarta Walking Tour dilaksanakan pagi menjelang siang. Namun khusus saat Ramadan digelar sore. Selain ajang ngabuburit juga dijadikan untuk buka bersama.

”Semoga kegiatan ini terus berlanjut hingga akhir puasa. Dengan adanya kegiatan ini menambah wawasan yang tidak kita jumpai di internet ataupun seperti yang diajarkan di sekolah” tandasnya. (mg7/adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia