Minggu, 16 Jun 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

57 Desa Belum Bentuk BUMDes

23 Mei 2019, 02: 16: 59 WIB | editor : Perdana

57 Desa Belum Bentuk BUMDes

KARANGANYAR – Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui dinas pemberdayaan masyarakat desa (Dispermasdes) setempat mencatat dari 162 desa yang ada di Bumi Intanpari, 57 desa diketahui belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dispermades Kabupaten Karanganyar, Utomo Sidi Hidayat saat memberikan materi ke sejumlah pendamping desa dalam kegiatan sosialisasi penggunaan dana desa di salah satu hotel di Karanganyar, kemarin. 

Pihaknya mendukung kerja sama dan kemintraan masyarakat desa di Kabupaten Karanganyar, yang digelar oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

”Dari 105 desa hanya 95 desa yang sudah menyertakan modal untuk pembentukan BUMDes, sisanya 10 desa belum menyertakan modal dari alokasi dana desa (ADD),” terang Utomo Sidi.

Dirinya mengharapkan desa yang belum memiliki BUMDes untuk segera membentuk.

”57 desa yang belum membentuk BUMDes, tahun harus bisa dibentuk. Ini untuk menampung potensi di masing-masing desa,” ujarnya

Di sisi lain, Kepala Subdit Kerja Sama dan Kemitraan Masyarakat Desa Ditjen PPMD, Kementerian Desa PDTT, Suhandani mengungkapkan harus ada penyaluran yang positif terkait penggunaan dana alokasi dana desa yang masuk ke setiap desa. Pemerintah berharap agar dana tersebut tidak hanya digunakan terhadap pembenahan  infrastruktur saja. Potensi desa juga perlu dikembangkan lewat dana ini, yang diharapkan bisa ikut meningkatkan penghasilan asli desa (PADes). (rud/nik

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia