Rabu, 20 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Parkir Sembarangan Bikin Macet  

23 Mei 2019, 17: 50: 59 WIB | editor : Perdana

BELUM TERTIB: Dishub meningkatkan pengawasan lokasi parkir agar tak mengganggu arus lalu lintas.

BELUM TERTIB: Dishub meningkatkan pengawasan lokasi parkir agar tak mengganggu arus lalu lintas. (RYANTONO P.S./RADAR SOLO)

Share this      

SUKOHARJO – Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo banyak mendapatkan laporan tentang parkir sembarangan di trotoar dan badan jalan. Fenomena tersebut memicu kemacetan lalu lintas.

Lokasi yang kerap terjadi pelanggaran yakni di Jalan Slamet Riyadi, Kartasura; Jalan Veteran, Sukoharjo Kota; Jalan A. Yani, Kartasura; Jalan Jenderal Sudirman, Sukoharjo Kota, dan sebagainya. 

”Penumpukan kendaraan terjadi sejak pukul 16.00 dan puncaknya 17.30 atau menjelang waktu buka puasa,” terang Kepala (Dishub) Sukoharjo Djoko Indrianto kemarin (22/5). Pemandangan itu kerap ditemui di sekitar rumah makan, warung, restoran, dan pusat perbelanjaan. 

Penyalahgunaan trotoar untuk parkir, lanjut Djoko, terlihat di kawasan Jembatan Bacem, Grogol. Kondisi tersebut rawan menyebabkan kecelakaan karena lokasi parkir liar di tikungan.

Sanksi yang akan diberikan bisa berupa teguran lisan maupun tertulis. Dishub juga meminta juru parkir (jukir) resmi lebih tertib. Artinya tidak banyak menggunakan badan jalan untuk parkir. ”Kalau soal tarif parkir masih normal. Belum ada temuan pelanggaran,” ujarnya.

Kasat Lantas Polres Sukoharjo AKP Zamroni mengatakan, pelanggaran parkir tidak hanya terjadi di kawasan perkotaan. Serupa ditemui di daerah perbatasan dengan kabupaten lain. Seperti di sepanjang Jalan Ir. Soekarno, Solo Baru, Grogol. “Banyaknya kendaraan parkir di badan jalan menyebabkan penyempitan akses lalu lintas,” terang dia. (yan/wa)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia