Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Penukaran Uang Baru Tembus Rp 1,6 T

24 Mei 2019, 11: 25: 59 WIB | editor : Perdana

Penukaran Uang Baru Tembus Rp 1,6 T

SOLO - Penukaran uang baru yang disalurkan oleh Bank Indonesia hingga kemarin sudah mencapai 30 persen. Total jumlah uang yang dipersiapkan untuk Ramadan dan Lebaran Rp 5,4 triliun. Dari total penyaluran uang itu, tercatat masih didominasi oleh uang pecahan besar. 

Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi (SPPURLA) BI Solo Bakti Artanta menjelaskan, realisasi penyaluran uang sampai kemarin mencapai Rp 1,6 triliun atau 30 persen. Dari total realisasi penyaluran uang tersebut didominasi oleh pecahan besar. Rinciannya, 64 persen uang pecahan besar dan 46 persen uang pecahan kecil. 

“Dilihat dari lembaga penyalurnya, kantor bank, pos dan pegadaian berhasil menyalurkan Rp 84,4 miliar, kas keliling Rp 1,9 miliar dan pemkab Rp 7,8 miliar. Harapannya dengan adanya layanan ini mampu memudahkan masyarakat dalam menukarkan uang,” jelas Bakti kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (23/5). 

Bakti terus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menukarkan uang di sembarang tempat atau yang bukan ditunjuk oleh pihak Bank Indonesia. Selain terkena tambahan biaya juga berisiko mendapatkan uang palsu. Untuk memberikan kenyamanan, Bank Indonesia bekerjasama dengan satpol PP menggelar patroli di setiap jalan utama di Kota Solo. 

Sementara itu, Pemimpin Bidang Pembinaan Pelayanan BNI Cabang Slamet Riyadi, Muhammad Hatta Fitriadi menyatakan, BNI Slamet Riyadi dijadwalkan empat kali membuka penukaran uang, yaitu 14, 16, 21, dan 23 Mei. Dari tiga kali penukaran uang, ada 219 orang dengan total nominal Rp 963.600.000. Di mana dengan rincian hari pertama 65 orang, hari kedua 84 orang, hari ketiga 70 orang. 

“Dibandingkan tahun lalu, animo masyarakat sama saja. Pasti berbondong-bondong ingin segera menukarkan uang baru. Apalagi tahun ini Bank Indonesia juga memperluas titik sehingga bisa memecah antrean yang berjubel. Di sini kami juga memberikan pelayanan penukaran yang cepat dengan membuka dua konter,” ujarnya. (gis/bun

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia