Rabu, 19 Jun 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Ratusan Ribu Penduduk Wonogiri Masih Jomblo, Siapa Mau?

24 Mei 2019, 22: 13: 44 WIB | editor : Perdana

Ratusan Ribu Penduduk Wonogiri Masih Jomblo, Siapa Mau?

WONOGIRI - Sedikitnya 196.584 ribu dari total 616.389 ribu penduduk Wonogiri usia 15 sampai 54 tahun belum kawin atau masih melajang. Jumlah lajang laki-laki lebih banyak dibanding jumlah lajang perempuan. 

Berdasarkan data dari website resmi yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Wonogiri diketahui, dari 196.584 penduduk lajang, sebanyak 122.497 orang adalah laki-laki. Kemudian, 74.087 orang adalah perempuan lajang. 

Psikolog dari Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Wonogiri Sri Sundarini mengatakan, ada beragam penyebab seseorang masih betah melajang. Misalnya jika dilihat dari sisi psikologis, mereka belum memiliki kesiapan secara mental untuk melakukan pernikahan dan berkomitmen.

”Faktor ekonomi yang kurang mapan akan mempengaruhi kesiapan seseorang untuk menghidupi keluarganya. Sehingga dia merasa tidak siap dan kurang mampu mencukupi kebutuhan keluarganya kelak,” kata Sri.

Latar belakang keluarga yang bermasalah juga bisa mempengaruhi kesiapan seseorang untuk berkeluarga. “Misalnya, adanya trauma psikologis menyebabkan seseorang takut menikah,” papar perempuan yang juga menjabat ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Wonogiri itu. (kwl/ria)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia