Senin, 18 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Makanan Digigit Tikus Masih Dijual, Tim Temukan Produk Kedaluwarsa

24 Mei 2019, 22: 18: 12 WIB | editor : Perdana

Satpol PP mengukut produk makanan yang telah kedaluwarsa saat sidak pasar

Satpol PP mengukut produk makanan yang telah kedaluwarsa saat sidak pasar

Share this      

KLATEN - Tim gabungan Pemkab Klaten menemukan banyak makanan yang sudah kedaluwarsa dan mengandung bahan berbahaya saat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di pasar tradisional. 

Koordinator tim gabungan pengawas makanan Klaten Mursidi mengatakan, pengawasan terhadap makanan dilakukan sejak Rabu-Jumat (22-24/5). Sebelumnya telah digelar di Pasar Deli Dompyongan. Kemudian, hari ini (24/5) difokuskan di Pasar Klaten.

”Banyak pedagang yang memanfaatkan momen Lebaran untuk menjual dagangannya tanpa memperhatikan bahaya atau tidak. Mulai yang mengandung formalin, borak, pewarna nonmakanan. Sehingga kita lakukan pengujian lab oleh dinas kesehatan, termasuk makanan yang sudah kedaluwarsa,” jelas Mursidi.

Benar saja, saat sidak tersebut tim menemukan makanan ringan yang sudah kedaluwarsa. Bahkan, makanan yang terindikasi sudah dimakan tikus pun tetap diperjualbelikan.

Mursidi juga menyoroti tidak adanya keterangan waktu kedaluwarsa pada makanan ringan yang dijual. Ditambah lagi, penataan minuman serbuk yang justru disatukan dengan obat nyamuk hingga sampo.

Bukan hanya itu, tim menemukan mi instan yang sudah kedaluwarsa sebanyak lima karton. Termasuk sejumlah makanan ringan berupa roti yang tak layak konsumsi. Satpol PP yang ikut dalam tim pun langsung melakukan pengamanan.

“Sudah kami lakukan pendataan los yang menjual makanan kedaluwarsa itu. Nantinya saya langsung tegur Pak lurah pasar untuk bisa memberikan arahan kepada pedagang yang bersangkutan,” jelas Mursidi. (ren/ria)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia