Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Pendaftar Pilkades Ditutup, Kuota Terpenuhi

27 Mei 2019, 16: 59: 31 WIB | editor : Perdana

ANTUSIAS: Uji coba pilkades e-voting di Kecamatan Andong.

ANTUSIAS: Uji coba pilkades e-voting di Kecamatan Andong. (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Pendafataran bakal calon kepala desa (balon kades), pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahap 3 ditutup Jumat (24/5). Dari 229 desa yang menggelar pilkades, syarat minimal pendaftar balon kades terpenuhi. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali Purwanto mengungkapkan, masing-masing desa sudah ada dua balon kades yang bertarung.

”Waktu pendaftaran tidak ada yang diperpanjang. Syarat minimal dua orang yang maju dalam pilkades di masing-masing desa telah terpenuhi. Bahkan ada beberapa desa yang jumlah pendaftarnya melebihi ketentuan maksimal lima orang,” terang Purwanto kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (26/5).

Terkait desa yang kelebihan pendaftar, bakal digelar tes tertulis. Untuk menggenapi syarat maksimal balon kades. ”Tes tertulis bekerja sama dengan UPT dikdas kecamatan. Hasilnya bukan lulus dan tidaknya, namun melalui skor tertinggi,” terang Purwanto.

Saat ini, panitia pilkades masih mengkaji berkas syarat pendaftaran balon pilkades. Keabsahan berkas pendafataran yang disampaikan balon pilkades akan diteliti. Untuk mencegah manipulasi atau pemalsuan berkas syarat pendaftaran.

”Misalnya ijazah sekolah. Panitia harus memastikan ke sekolah yang bersangkutan. Apakah benar yang bersangkutan pernah bersekolah di sana atau tidak. Perlu dikroscek langsung,” papar Purwanto.

Sementara itu, pilkades di Desa Canden, Kecamatan Sambi bakal diikuti dua peserta. Yakni calon petahana Joko Mulyono dan penantangnya Jiyanto. Keduanya akan bertarung pada pilkades serentak, 29 Juni mendatang.

Sementara itu, pilkades di Desa Jembungan, Kecamatan Banyudono memecahkan rekor. Sebabm ada 9 orang yang mendaftarkan diri sebagai balon kades untuk periode 2019-2025. Begitu juga di Desa Karangduren, Kecamatan Sawit. Ada 5 orang yang mendaftarkan sebagai balon kades. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia