Kamis, 23 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Tiga Hari, Penukaran Uang Baru Tembus Rp 14,5 Miliar

28 Mei 2019, 13: 05: 59 WIB | editor : Perdana

ANTUSIAS: Warga antre menukarkan pecahan uang baru di Benteng Vastenburg Solo.

ANTUSIAS: Warga antre menukarkan pecahan uang baru di Benteng Vastenburg Solo. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Surakarta membuka layanan penukaran uang baru di Benteng Vastenburg. Berlangsung selama tiga hari mulai 27-29 Mei. Menggandeng semua perbankan, disiapkan pecahan uang baru sebanyak Rp 14,5 miliar.

Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi KPw BI Surakarta Bakti Artanta mengatakan, pihaknya menargetkan 3.300 orang, dengan rata-rata sehari 1.100 orang menukarkan uang. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 1.000 orang per hari.

”Kegiatan ini melibatkan 17 bank umum, 2 BPR, 2 BPRS, 2 Pegadaian, dan Kantor Pos. Kami mengimbau masyarakat untuk menukarkan uang di tempat yang resmi atau yang sudah ditunjuk Bank Indonesia. Sehingga bisa menghindari selisih jumlah dan kemungkinan adanya uang palsu,” jelas Bakti kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (27/5). 

Bakti menambahkan, peredaran uang pada masa Ramadan dan Lebaran terus meningkat. Pihaknya tidak bisa menjamin masyarakat yang menerima uang palsu atau kekurangan jumlah penukaran karena menukar di luar titik resmi. Sementara itu realisasi peredaran uang hingga 24 Mei sudah mencapai Rp 2,4 triliun atau 45 persen. Dari yang disiapkan sebesar Rp 5,4 triliun untuk wilayah Kota Solo dan sekitarnya.

Rosida, 32, warga Solo mengaku sudah mengetahui informasi jadwal dan lokasi penukaran uang sejak sepekan lalu. Dia kemarin mengantre sejak pagi pukul 06.00. Rosida mengaku belum bisa menukar di bank karena belum ada waktu.

”Sesuai aturan, saya tukarkan Rp 4,4 juta. Ada pecahan Rp 2 ribu sampai Rp 20 ribu, komplet. Ini untuk fitrah ke saudara-saudara. Sudah kebiasaan sejak dulu, selalu bagikan uang baru tiap Lebaran,” bebernya. (gis/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia