Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Jelang Mudik, Petugas Gabungan Sisir Rel Kereta Api Cek Palang Pintu

28 Mei 2019, 15: 57: 20 WIB | editor : Perdana

Jelang Mudik, Petugas Gabungan Sisir Rel Kereta Api Cek Palang Pintu

KARANGANYAR - Setelah diberlakukan jalur ganda atau double track Solo-Sragen, lalu lintas kereta api semakin padat. Mengecek kesiapan pengamanan Lebaran, jajaran kepolisian menyisir rel kereta api dan perlintasan tanpa palang pintu.

Pengecekan rel kereta api dimulai dari Stasiun Kemiri Kebakkramat, tim dengan peralatan lengkap bersama dengan sejumlah petugas dari kereta api mengecek ruas jalur kereta, baik yang menuju ke Sragen maupun ke arah Solo.

Kapolsek Kebakramat AKP Tami Ragaza saat ditemui sejumlah wartawan di sela pengecekan rel mengungkapkan, pengecekan rel kereta api dilakukan untuk memastikan kesiapan jalur kereta di wilayah Karanganyar, dalam kondisi baik.

“Sebab, untuk jalur double track ini sudah difungsikan, maka kita pastikan keamanan jalur kereta api ini aman dari gangguan atau sabotase dari oknum yang tidak bertanggungjawab. Kita ingin memberikan kenyamanan bagi pemudik yang ingin menggunakan kereta api tersebut aman,” terang kapolsek.

Diungkapkan kapolsek, selain mengecek jalur kereta api di perlintasan dekat Stasiun Kemiri, pihaknya juga meninjau perlintasan kereta api tidak berpalang pintu. Untuk menjaga keamanan, polsek bersama pemerintah desa setempat akan bekerjasama dengan menempatkan petugas linmas untuk menjaga palang pintu.

“Ada dua lokasi yang menjadi pengawasan kami. Yakni perlintasan pintu kereta api di Pulosari, dan Waru. Sebab, keduanya tidak ada palang pintunya. Maka kami berharap relawan dan linmas di dua wilayah tersebut ikut menjaga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Kemiri Sudarmanto mengungkapkan, di Stasiun Kemiri pada Lebaran ini bakal difungsikan sebagai stasiun bagi KA Prameks yang melintas dari Jogja menuju ke Sragen. Sedangkan untuk kereta api konvesional, Stasiun Kemiri bakal difungsikan hanya sebagai singgah sementara. (rud/bun)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia