Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Pengamanan Arus Mudik, Polres Klaten Terjunkan 357 Personel

29 Mei 2019, 18: 26: 20 WIB | editor : Perdana

SIAP SIAGA: Apel Operasi Ketupat Candi 2019 di Lapangan Garuda Mandala TWC Prambanan, kemarin (28/5).

SIAP SIAGA: Apel Operasi Ketupat Candi 2019 di Lapangan Garuda Mandala TWC Prambanan, kemarin (28/5). (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Jajaran Polres Klaten menerjunkan 357 personel kepolisian untuk mengamankan arus mudik maupun balik Lebaran. Bertugas mengamankan serta mengurai kepadatan arus mulai 29 Mei hingga 10 Juni. Fokus pengamanan ada di jalur arteri Solo-Jogja. Plus sejumlah jalur alternatif mudik lainnya.

Kesiapan ini dilontarkan Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi di sela Apel Operasi Ketupat Candi 2019 di Lapangan Garuda Mandal, kompleks TWC Prambanan, kemarin (28/5). Pengamanan ini diberikan untuk memberikan rasa nyaman kepada para pemudik.

”Kami dibantuk jajaran TNI, satpol PP, serta organisasi masyarakat yang ikut serta dalam posko pengamanan. Mulai dari Pramuka, Orari, hingga PMI. Termasuk pelaku usaha, ikut serta dalam membuat pos pelayanan, tepatnya di Kecamatan Delanggu,” terang Aries kepada Jawa Pos Radar Solo.

Pengamanan juga menggandeng jajaran Polres Sleman dan Polresta Surakarta. Jika arus mudik tujuan ke Jogja maupun sebaliknya penuh, bakal diberlakukan rekayasa lalu lintas. Mengalihkan pemudik ke jalur alternatif. ”Jangan sampai terjadi penumpukan di jalan Solo-Jogja. Misalnya pemudik dibelokan ke arah Piyungan atau Prambanan melalui Cangkringan jika hendak pergi ke Jogja,” beber Aries.

Disamping menekankan pada sisi keselamatan pemudik juga mengatur ritme keluar masuk kendaraan yang melintasi wilayah Klaten. Pihaknya pun telah menyiapkan unit khusus yang bertugas untuk mengurai kemacetan maupun kepadatan kendaraan. Apabila sudah terjadi stagnan dalam arus mudik dan balik kali ini, unit tersebut akan bergerak untuk mengurainya.

“Nantinya di setiap penggal jalan sudah kita siagakan para personel yang dibantu dengan potensi masyarakat lainnya,” jelas Aries.

Kasatlantas Polres Klaten AKP Bobby Anugrah Rachman menambahkan, jajarannya belum bisa memprediksi volume kendaraan yang akan melintas. ”Informasi dari Jasa Marga, pemudik yang menggunakan tol dan hendak ke Jogja atau Solo, bakal melalui exit tol Colomadu. Berarti akan peningkatan volume kendaraan di jalan Solo-Jogja, terutama ke arah Jogja,” ujarnya. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia