Senin, 18 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

ASN Pemkab Boyolali Dilarang Terima Parcel

29 Mei 2019, 18: 58: 07 WIB | editor : Perdana

ASN Pemkab Boyolali Dilarang Terima Parcel

BOYOLALI – Aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali dilarang menerima uang dan bingkisan atau parcel dari siapa pun. Jika nekat menerima, bisa terancam pidana penjara. Karena masuk dalam kategori gratifikasi.

Aturan ini tertuang dalam surat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nomor B/3956/GTF/00.02/01-13/05/2019 tertanggal 8 Mei 2019. Dalam surat tersebut, ASN diimbau menolak gratifikasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali Masruri mengaku pihaknya sudah menyosialisasikan surat tersebut. Jika ada ASN yang menerima gratifikasi wajib melaporkannya ke KPK atau unit pengendali gratifikasi (UPG).

”Diharapkan ASN tidak menerima parcel Lebaran. Tidak menerima gratifikasi berwujud apa pun dari pihak mana pun. Semuanya itu bentuk gratifikasi. Kalau tidak dilaporkan ke UPG selama satu bulan, dianggap melakukan korupsi,” tegas Masruri kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (28/5).

Penerima gratifikasi wajib melaporkannya ke KPK, paling lambat 30 hari sejak menerima. Selain itu juga bisa melaporkan ke UPG Inspektorat Boyolali sebelum 7 hari kerja. Terhitung sejak gratifikasi diterima.

”Dilaporkan saja. Kalau berwujud makanan, kalau sudah dilaporkan, kemudian bisa diberikan ke panti asuhan, pondok pesantren, atau pihak lain yang lebih membutuhkan,” beber Masruri.

Pelaporan juga bisa dilakukan melalui online di https://www.go.kpk.go.id. Selain melaporkan, penerima gratifikasi wajib menyerahkannya ke UPG untuk diproses sesuai ketentuan yang berlaku.

”Berdasarkan pasal 11 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001, yang tidak melaporkan penerimaan gratifikasi tersebut, akan dipidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama lima tahun. Dan atau pidana denda paling sedikit Rp 50 juta dan paling banyak Rp 250 juta,” tandas Masruri. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia