Jumat, 24 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Pengamanan Mudik, Linmas Jaga Perlintasan KA tanpa Pintu

30 Mei 2019, 09: 40: 59 WIB | editor : Perdana

RAWAN KECELAKAAN: Personel linmas menjaga perlintasan KA tanpa pintu mulai.

RAWAN KECELAKAAN: Personel linmas menjaga perlintasan KA tanpa pintu mulai. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Aktivitas pengendara selama libur Lebaran dipastikan meningkat. Selain mengantisipasi kemacetan, pemkab berupaya meningkatkan pengamanan di perlintasan kereta api (KA) tanpa pintu.

Carannya dengan mengerahkan personel perlindungan masyarakat (Linmas) menjaga lokasi rawan kecelakaan tersebut. Kepala Satpol PP Wonogiri Waluyo mengatakan, perlintasan KA tanpa pintu yang dijaga antara lain di Gerdu (Wonogiri Kota), Pancuran, Gemantar, dan Sendang Ijo (Selogiri).

“Setiap perlintasan dijaga lima personel Linmas. Total ada 25 personel yang ditugaskan Mereka siaga mulai hari ini (Rabu 29/5,Red) hingga sepuluh hari mendatang," terang Kepala Satpol PP Kabupaten Wonogiri Waluyo kemarin (29/5).

Ditambahkannya, personel Linmas lainnya juga mendapat tugas membantu menjaga keamanan dan kenyamanan selama mudik Lebaran. "Jumlah kendaraan yang melintas bertambah. Jalur Sendang Ijo tembus Alas Kethu digunakan sebagai jalur alternatif,” ungkap dia. 

Sekadar informasi, dalam sehari, KA Bathara Kresna Solo-Wonogiri menempuh perjalanan sebanyak dua kali. Rute yang dilalui yakni Stasiun Purwosari, Solo Kota, Sukoharjo, Nguter, dan Stasiun Wonogiri.

Tahun lalu, KA Bathara Kresna sempat mengalami kecelakaan dengan kendaraan di Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo. Dengan alasan tersebut, PT KAI Daop VI Jogjakarta bakal menambah sejumlah papan informasi dan rambu petunjuk. Wacana tersebut selanjutnya dikoordinasikan Kementerian Perhubungan dan Ditjen Perkeretaapian.

Papan informasi dan rambu petunjuk tersebut berupa pemberitahuan tentang keberadaan rel dan KA yang melintas sewaktu-waktu. Manajer Humas PT KAI Daop VI Jogjakarta Eko Budiyanto mengimbau masyarakat dan pengguna jalan lebih waspada saat berada di dekat perlintasan KA. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia