Rabu, 17 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok Masih Stabil

30 Mei 2019, 16: 25: 59 WIB | editor : Perdana

SIDAK: Bupati Klaten Sri Mulyani di Pasar Induk Klaten.

SIDAK: Bupati Klaten Sri Mulyani di Pasar Induk Klaten. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mengingatkan masyarakat untuk bijak dalam berbelanja, jelang Lebaran ini. Hal ini dilakukan untuk menjaga kestabilan harga. Karena lonjakan permintaan bakal membuat harga di pasaran bergejolak.

Imbauan itu disampaikan Bupati Klaten Sri Mulyani saat melakukan pemantauan harga sembako di Pasar Manisrenggo dan Pasar Induk Klaten, kemarin pagi (29/5). ”Dari pantauan yang saya lakukan di dua pasar ini, seluruh harga sembako masih stabil. Informasi dari para pedagang, belum ada peningkatan daya beli masyarakat. Pembelian masih seperti hari biasa,” ucap bupati, kemarin.

Sri Mulyani mengajak masyarakat ikut serta dalam menjaga kestabilan harga sembako jelang Lebaran. ”Masyarakat yang hendak merayakan Idul Fitri, terlebih lagi ibu-ibu, diharuskan bijak dalam berbelanja. Tertutama berbelanja kebutuhan untuk menyambut hari raya,” bebernya.

Salah seorang pedagang Pasar Induk Klaten Eni Warsiti, 45, mengaku harga sambako masih stabil. Belum ada kenaikan harga. ”Paling mencolok bawang merah. Sebelumnya Rp 40 ribu per kg, sekarang sudah turun menjadi Rp 30 ribu per kg. Sedangkan bawang putih di kisaran Rp 30-35 ribu per kg,” ujarnya.

Harga telur ayam mengalami kenaikan sekitar Rp 500. Sebelumnya Rp 21 ribu per kg, kini menjadi Rp 21.500 per kg. Sedangkan harga beras jenis IR 64 masih stabil di harga Rp 9-9,5 ribu per kg. ”Sampai saat ini masih sepi pembeli. Belum ada lonjakan sama sekali. Pengalaman sebelumnya, baru terjadi lonjakan pembeli H-3 Lebaran,” lanjut Eni.

Pantauan harga Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disdagkop dan UMKM) Klaten di Pasar Tiga Lantai, harga minyak goreng kemasan 1 liter Rp 12 ribu. Daging sapi KW 2 stabil di harga Rp 90 per kg. Pemantauan harga dilakukan secara rutin. Sebagai bahan pertimbangan bagi pemkab dalam mengambil kebijakan terhadap fluktuasi harga. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia