Selasa, 20 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Lebaran, Fasilitas Kesehatan Buka 24 Jam

31 Mei 2019, 15: 48: 41 WIB | editor : Perdana

Lebaran, Fasilitas Kesehatan Buka 24 Jam

SELURUH fasilitas kesehatan di Kota Solo tetap melayani masyarakat selama Lebaran tahun ini. Bahkan pemkot memberikan fasilitas khusus untuk peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surakarta Siti Wahyuningsih mengatakan, poliklinik rumah sakit umum daerah (RSUD) dan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) hanya libur selam dua hari. Yakni 5 dan 6 Mei. Selain itu pelayanan berjalan seperti biasa. 

Perempuan yang akrab disapa Ning itu telah menginstruksikan jajarannya untuk siaga menghadapi musim mudik dan balik 2019. “Kita tetap buka dengan sistem piket, sehingga tetap ada petugas jaga selama lebaran,” katanya, Rabu (29/5).

Meski melayani selama 24 jam, sumber daya manusia (SDM) yang dikerahkan tidak maksimal seperti hari biasa. Dinkes mengatur jadwal piket secara bergantian agar tenaga kesehatan juga dapat memanfaatkan waktu lebaran untuk berkumpul dengan keluarga.

“Selain itu kan kita juga harus membagi petugas kesehatan di posko kesehatan di rest area yang didirikan dinas perhubungan,” ujarnya.

Khusus untuk peserta BPJS Kesehatan, lanjut Ning, dapat langsung dilayani di rumah sakit jika fasilitas kesehatan pertama tutup di hari Lebaran. Hal tersebut sudah dikoordinasikan dengan seluruh rumah sakit yang ada di Kota Bengawan. Dengan dispensasi tersebut diharapkan tidak ada masyarakat yang tertunda untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

 “Kami akan terus melakukan monitoring ke seluruh puskesmas secara rutin selama Lebaran,” katanya.

Di sisi lain pelayanan kependudukan pembuatan akta kematian dan kelahiran selama libur dan cuti lebaran tidak dilayani. Pelayanan administrasi kependudukan akan dimulai tanggal 10 Juni 2019. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia