Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Damkar: Sebelu Mudik Periksa Kelistrikan dan Kompor

31 Mei 2019, 16: 17: 42 WIB | editor : Perdana

ASAP TEBAL: Petugas damkar padamkan api. Warga diminta teliti guna cegah kebakaran.

ASAP TEBAL: Petugas damkar padamkan api. Warga diminta teliti guna cegah kebakaran. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Surakarta mengimbau warga yang hendak mudik untuk memeriksa kondisi kelistrikan, kompor, dan bagian lain yang berpotensi memicu percikan api. Pengecekan tersebut guna mencegah kebakaran.

“Pastikan kabel televisi, kulkas, mesin cuci, magic com, dan lainnya sudah dilepas. Terlalu berisiko jika kabel alat-alat elektronik terpasang 24 jam tapi tidak ada yang mengawasi. Lampu yang tidak terpakaia lebih baik dimatikan,” urai Kepala Damkar Surakarta Gatot Susanto.

Menurutnya, lampu penerangan yang dihidupkan cukup di bagian teras. Dia juga mengimbau sebelum mudik menitipkan pengawasan rumah kepada tetangga. "Jangan sungkan minta tolong pada tetangga yang kebetulan tidak mudik. Kalau rumah dalam keadaan aman, mudik jadi lebih tenang," ungkapnya. 

Sementara itu, Wakapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai meminta warga yang mudik melapor ke RT/RW setempat. Tujuannya untuk pemudahkan pemantauan lingkungan tempat tinggal. "Untuk keamanan kita maksimalkan dengan patroli permukiman. Ada juga pamswakarsa membantu pengawasan,” ucapnya.

Selama perjalanan, Andy mewanti-wanti pemudik tidak memaksakan diri ketika fisik sudah lelah. Mereka dapat beristirahat di sejumlah rest area yang telah disiapkan pemerintah. Itu guna menghindari potensi kecelakaan. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia