Senin, 16 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Travelling

Menikmati Kesegaran Pemandian Cokro yang Sudah Melegenda

02 Juni 2019, 16: 40: 59 WIB | editor : Perdana

Menikmati Kesegaran Pemandian Cokro yang Sudah Melegenda

Melimpahnya sumber mata air di wilayah Kabupaten Klaten membuat objek wisata air bermunculan. Mulai dari Umbul Ponggok, Umbul Manten hingga Umbul Susuhan yang kini jadi destinasi favorit. Tapi jauh sebelum itu sudah ada pemandian alami yang telah melegenda. Yakni Umbul Ingas atau Objek Mata Air Cokro (OMAC). Seperti apa kondisinya terkini?

PILIHAN Jawa Pos Radar Solo pada OMAC karena sebenarnya objek wisata air di Desa Cokro, Kecamatan Tulung ini memiliki sejumlah spot menarik untuk dieksplorasi. Mulai dari berenang di kolam alami yang alurnya menyerupai sungai. Hingga seluncuran pada area water boom. Uniknya, OMAC berada tepat di samping Sungai Pusur yang begitu jernih. Sehingga bisa bermain air di tepiannya.

Perjalanan menuju OMAC bisa ditempuh dengan mengendarai sepeda motor maupun mobil. Baik dari arah Solo maupun Jogja. Sampai di simpang empat Puskesmas Delanggu bisa langsung belok ke Jalan Raya Delanggu-Polanharjo. Tinggal mengikuti jalan tersebut, papan penunjuk arah ke OMAC terpasang dengan jelas.

Traveler hanya cukup merogoh kocek tiket masuk sebesar Rp 10.500. Ada tiga spot di kawasan 5 hektar tersebut yang bisa dieksplor.

Selama mengeksplorasi OMAC, traveler bisa berenang di kolam alami yang jernih di bawah teduhnya pepohonan yang menjulang tinggi. Merasakan dinginnya air saat menyeburkan diri ke kolam alami itu menjadikan sensasi tersendiri. Terlebih kejernihan airnya bisa melihat dasar kolam sedalam 1,5 meter itu.

Tidak ada salahnya menjajal area water boom yang ada di atasnya. Terdapat dua kolam serta dua seluncuran dengan ember tumpah. Anak-anak hingga dewasa bebas menikmati fasilitas ini tanpa dipungut biaya tambahan. Air yang digunakan pada dua kolam itu tentunya berasal dari sumber mata air yang sama. Sehingga dipastikan tetap bisa merasakan kesegarannya.

Ingin back to nature? Traveler bisa merasakan derasnya aliran Sungai Pusur di antara bebatuan yang masih alami. Letaknya persis di samping OMAC. Ada pula air terjun mini di sungai itu. Tetapi tetap mengutamakan keselamatan karena alirannya cukup deras.

Setelah puas berenang, biasanya perut menjadi lapar. Tetapi jangan khawatir karena pedagang di sekitar lokasi menjajakan aneka makanan dan minuman. Gorengan hangat bisa untuk mengganjal perut yang lapar. Traveler bisa memilih tempat duduk yang nyaman. Ada gardu pandang, gazebo maupun mencicipi gorengan di tepian Sungai Pusur.

Pepohonan yang begitu rindang, ditambah merasakan kesegaran sumber mata air yang mengalir ke Sungai Pusur menjadikan keunggulan tersendiri. Itulah keistimewaan OMAC yang tidak ditemukan di destinasi wisata air Klaten lainnya. Terlebih semua pilihan itu masih di dalam satu kawasan. Sehingga traveler benar-benar puas bermain air di OMAC. (ren/adi)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia